Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Ekonomi RI pada Kuartal IV 2016 Mendekati 5 Persen

Kompas.com - 23/12/2016, 19:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun 2016 sudah hampir mencapai penghujungnya. Sepanjang tahun 2016 ini, ekonomi global maupun domestik menghadapi berbagai tantangan dan kerap menimbulkan volatilitas, termasuk pada kondisi perekonomian Indonesia.

Dengan berbagai tantangan, pemerintah maupun Bank Indonesia (BI) mengharapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai angka 5 persen.

Bank sentral memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV 2016 bisa mendekati angka 5 persen.

“Menurut Bank Indonesia angkanya mendekati 5 persen, 4,9 sekian (persen),” kata Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara di kantornya di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Mirza menuturkan, sesuai dengan siklus, biasanya pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV lebih baik dibandingkan pada kuartal III.

Di samping itu, bank sentral juga memandang momentum perbaikan ekonomi juga terus terjadi dan pasar keuangan relatif stabil.

Menurut Mirza, bank sentral tidak melihat ada volatilitas yang besar pada pasar keuangan setelah kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden AS beberapa waktu lalu.

Dengan kondisi pasar keuangan yang normal, maka aktivitas bisnis bisa berjalan dengan lancar dan akhirnya bisa mendorong pertumbuhan kredit pada tahun 2017 mendatang.

Ia menuturkan, bank sentral memandang pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai kisaran 5 hingga 5,4 persen pada 2017. Selain itu, pertumbuhan kredit pun bisa berkisar 10 hingga 12 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com