Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Vietnam Melambat untuk Kali Pertama dalam 4 Tahun

Kompas.com - 29/12/2016, 11:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

HANOI, KOMPAS.com — Pertumbuhan ekonomi Vietnam dilaporkan mencapai 6,21 persen pada 2016. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan realisasi pada tahun 2015 dan menandakan pelambatan pertama dalam empat tahun.

Meskipun demikian, pertumbuhan ekonomi Vietnam pada kuartal IV 2016 mencapai 6,68 persen dan merupakan capaian kuartalan terbaik pada tahun ini.

Capaian ini membuat Vietnam menjadi salah satu negara di Asia dengan pertumbuhan ekonomi paling pesat. Lembaga Statistik Umum (GSO) menyatakan, target pertumbuhan ekonomi Pemerintah Vietnam adalah 6,3-6,5 persen.

"Produk domestik bruto tahun 2016 belum memenuhi target, tetapi secara umum ekonomi telah mengalami pertumbuhan yang baik, kecuali di sektor pertanian dan pertambangan," kata Kepala GSO Nguyen Bich Lam seperti dikutip The Straits Times, Kamis (29/12/2016).

Pada 2015, ekonomi Vietnam tumbuh dalam laju tercepat sejak tahun 2007 dan menjaga momentum pertumbuhan sejak 2012.

Pelambatan pertumbuhan pada tahun 2016 membuat pertumbuhan ekonomi Vietnam berada di belakang India, China, dan Filipina.

GSO menyatakan, beberapa faktor yang memengaruhi pelambatan pertumbuhan ekonomi antara lain cuaca yang kurang bersahabat, bencana lingkungan kelautan, dan kondisi ekonomi global yang kurang menguntungkan.

Menurut GSO, pertumbuhan ekonomi 6,21 persen tahun ini sebenarnya tidak terlalu buruk karena faktor dari luar, seperti cuaca dan pasar internasional.

"Pertumbuhan ekonomi tahun depan bisa membaik pada 6,3 hingga 6,5 persen sejalan dengan stabilnya pasar minyak dan meningkatnya belanja publik," kata Tran Minh Hoang, Kepala Ekonomi Vietcombank Securities.

Penanaman modal asing (PMA) Vietnam tumbuh 9 persen dibandingkan tahun lalu. Ini didorong oleh tenaga kerja yang murah dan insentif perpajakan.

Investor Korea Selatan mendominasi PMA di Vietnam pada tahun 2016. Ini termasuk investasi 1,5 miliar dollar AS untuk pabrik layar OLED LG Display dan 550 juta dollar AS untuk pabrik kamera LG Innotek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com