Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Kepala Otoritas Harus Selalu Lakukan "Ramp Check" Angkutan

Kompas.com - 02/01/2017, 19:37 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan kepada kepala otoritas bandara, teminal, pelabuhan, dan stasiun untuk selalu memeriksa kelaiakan (ramp check) angkutan moda transportasi. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kecelakaan akibat tidak laik angkutan moda saat melakukan perjalanan. 

"Kepada KSOP, kepala bandara, kepala stasiun, dan terminal pada dasarnya menekankan ramp check itu dilakukan. Artinya, tidak boleh secara acak (random) harus seluruhnya," ujar Budi Karya, di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Senin (2/1/2017).  

Budi Karya mengatakan, semua kepala otoritas juga harus memeriksa kapasitas penumpang dari angkutan moda transportasi sebelum melakukan perjalanan. 

Menurut dia, pemeriksaan kapasitas penumpang sangat krusial untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan kelebihan muatan. 

Selain itu, kata Budi Karya, peristiwa terbakarnya Kapal Zahro Ekspres itu karena adanya kesalahan standar operasional prosedur (SOP) yang dilakukan oleh operator. 

"Memang ada satu kondisi tertentu ada aparat yang tidak mengikuti SOP yang kami tentukan. Di hari berikutnya reward dan punishment akan kami terapkan. Sehingga, lebih lugas dan tegas apa yang kita inginkan satu keselamatan, keamanan, dan pelayanan yang lebih baik," tandasnya. 

Sebelumnya, Kapal Zahro Express terbakar saat beranjak dari salah satu pelabuhan di Muara Angke menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Penumpang kapal tersebut merupakan wisatawan yang hendak menghabiskan masa liburan awal tahun 2017 dengan rekreasi ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 23 orang meninggal dunia akibat kebakaran Kapal Motor (KM) Zahro Express.

Jumlah penumpang yang dinyatakan hilang 17 orang, sedangkan jumlah korban yang mengalami luka 17 orang. Adapun, 194 penumpang dipastikan selamat.

Kompas TV Ini Kata Menhub Soal Musibah Kapal Zahro Express

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com