Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengacara Wall Street Dikabarkan Masuk "Lingkaran" Ekonomi Trump

Kompas.com - 04/01/2017, 12:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pengacara Wall Street Jay Clayton dikabarkan merupakan kandidat utama kepala Securities and Exchange Commission (SEC) dalam pemerintahan presiden terpilih Donald Trump.

Clayton sendiri pernah bekerja untuk beberapa penawaran umum perdana (IPO) perusahaan raksasa, termasuk Alibaba Group.

Mengutip Reuters, Rabu (4/1/2017), Clayton adalah partner pada kantor hukum Sullivan & Crowell, spesialis merger perusahaan publik maupun swasta.

Ini adalah bidang yang membutuhkan keahlian pada regulasi sekuritas dan tata kelola perusahaan yang kompleks. Clayton bertemu dengan Trump pada 22 Desember 2016 lalu.

(Baca: Lagi, Trump Masukkan Miliarder ke Kabinetnya)

Tampaknya, Clayton menggeser mantan Hakim Agung AS Debra Wong Yang yang namanya sempat muncul sebagai kandidat utama kepala SEC tersebut pada awal Desember 2016 lalu. Nama Clayton dalam jajaran kandidat kepala SEC relatif baru.

Sebelumnya, muncul nama Yang dan beberapa nama lainya, termasuk mantan komisioner SEC Paul Atkins, pengacara Ralph Ferrara, dan seorang kandidat yang pernah bekerja di hedge fund besar Wall Street namun identitasnya tidak dimunculkan.

Investor kawakan Carl Icahn, yang juga masuk ke dalam lingkaran ekonmi pemerintahan Trump, telah mewawancarai banyak kandidat potensial kepala SEC.

(Baca: Trump Tunjuk Mantan Gubernur Texas Jadi Menteri Energi AS)

Selama periode krisis finansial 2008, Clayton menangani berbagai macam aksi korporasi yang melibatkan bank-bank besar, termasuk akuisisi aset Lehman Brothers oleh Barclays Capital, penjualan Bear Sterns kepada JP Morgan Chase, dan investasi modal Departemen Keuangan AS kepada Goldman Sachs.

Posisi kepala SEC akan sangat penting bagi investor Wall Street dan para eksekutif perusahaan-perusahaan Fortune 500. Hal ini terkait dengan janji Trump untuk melakukan deregulasi di berbagai area.

(Baca: Trump Tunjuk Petinggi Goldman Sachs sebagai Penasihat Ekonomi)

Beberapa investor mengharapkan kepala SEC yang baru tidak hanya ahli di bidang penegakan aturan, namun juga memiliki pemahaman yang besar terhadap isu-isu pasar dan perdagangan. Hal ini sejalan dengan persaingan yang cukup besar di pasar modal global.

Kompas TV Dampak Negatif Donald Trump Jadi Presiden AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com