Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Pertumbuhan Kredit di 2016 Capai 9 Persen

Kompas.com - 06/01/2017, 18:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) melaporkan, pertumbuhan kredit pada tahun 2016 mencapai 9 persen. Angka ini sejalan dengan target bank sentral yang mematok pertumbuhan kredit berkisar antara 7 hingga 9 persen pada tahun 2016.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, intermediasi perbankan secara keseluruhan hingga akhir tahun 2016 tercatat baik. Dengan demikian, kondisi tersebut membantu mendorong pertumbuhan kredit perbankan.

“Kredit di akhir tahun mengalami peningkatan sekitar 9 persen. Saya kira itu bagus karena di beberapa bulan sebelumnya masih rendah, sekitar 7 persen kemudian naik 8 persen,” kata Perry di Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Dengan adanya pertumbuhan kredit tersebut, imbuh Perry, maka ini menunjukkan indikator kinerja perekonomian nasional secara keseluruhan mengalami perbaikan. Padahal, di saat yang sama kondisi perekonomian global masih belum terlalu menggembirakan.

“Juga bagaimana kegiatan perekonomian mengalami kenaikan, juga dampak-dampak positif dari kebijakan-kebijakan reformasi dan struktural yang dilakukan oleh pemerintah,” ungkap Perry.

Adapun pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan sepanjang tahun 2016 juga mendekati kisaran 9 persen. Perry mengungkapkan, dengan demikian secara keseluruhan kondisi perbankan masih baik.

Meski begitu, Perry menyoroti pula perihal rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) perbankan. Per November 2016, NPL perbankan tercatat sebesar 3,18 persen, turun dibandingkan Oktober 2016 yang mencapai 3,2 persen.

“Kenaikan NPL sudah mencapai titik puncaknya dan mulai akan surut. Kita harapkan di paruh kedua tahun 2017 itu ekspansi kredit akan lebih cepat karena memang kita harapkan kredit di 2017 itu tumbuh 10 sampai 12 persen dicapai,” jelas Perry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com