Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PermataBank Syariah dan Kemenag Luncurkan Pendaftaran Haji Satu Atap

Kompas.com - 11/01/2017, 15:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PermataBank Syariah menggandeng Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan Pelayanan Pendaftaran Haji Satu Atap. Dengan layanan ini, calon jamaah haji (calhaj) dapat melakukan pembukaan dan penyetoran dana haji secara langsung di satu tempat.

Ini adalah tindak lanjut dari Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 29 Tahun 2015 yang mengatur tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler dari sebelumnya empat tahap menjadi dua tahap sehingga menjadi lebih efektif dan efisien.

Cirebon menjadi kota keempat pelaksanaan Pendaftaran Haji Satu Atap ini setelah langkah awal (pilot project) dilakukan di Bandung dan dilanjutkan di Brebes dan Karawang.

"Layanan ini jelas sangat dibutuhkan oleh calhaj karena dapat membuat proses validasi dan pembayaran menjadi lebih efektif dan efisien. Apa yang kami lakukan bersama dengan Kemenag hari ini menjadi wujud nyata komitmen PermataBank Syariah dalam mensukseskan program haji pemerintah," ujar Direktur PermataBank Syariah, Achmad K Permana dalam pernyataan resmi, Rabu (11/1/2017).

Pada saat yang sama, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cirebon Imron menyatakan, pihaknya mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan kalangan perbankan syariah. Sehingga, calon haji memperoleh kemudahan dalam menyelesaiakan proses administrasi keberangkatan haji.

"Urusan administrasi cukup dilakukan di dalam area yang sama sehingga calhaj dapat lebih konsentrasi untuk mempersiapkan perjalanan haji dengan lebih baik," ungkap Imron.

Per Januari 2015 jumlah penabung PermataTabungan iB Haji hanya sebesar 31.567 nasabah dan 9.299 porsi haji dengan dana kelolaan Rp 588 miliar. Namun, pada periode September 2016 angkanya telah mencapai 81.858  nasabah.

Artinya, jumlah nasabah meningkat 159 persen dan jumlah porsi haji meningkat  365 persen dengan dana kelolaan mencapai Rp 1,97 triliun atau tumbuh hingga  236 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com