Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi WOMF, Reliance Perkuat Bisnis Pembiayaan

Kompas.com - 12/01/2017, 17:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Reliance Capital Management (Reliance Group) menandatangani Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (PPSB) dengan PT Maybank Indonesia Tbk untuk membeli dan mengalihkan seluruh kepemilikan saham Maybank Indonesia sebesar 68,55 persen pada PT Wahana Ottomitra Mutiara Tbk (WOM Finance/WOMF).

Direktur Utama sekaligus pendiri Reliance Group Anton Budidjaja menuturkan, akuisisi WOMF ini merupakan langkah strategis pengembangan bisnis Reliance Group sebagai penyedia jasa layanan keuangan (financial services hypermarket) kepada masyarakat menengah ke bawah (middle-low).

Anton mengatakan, memang Reliance Group sudah memiliki bisnis pembiayaan yaitu PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia alias Reliance Finance.

Namun, Reliance Finance fokus dalam bisnis pembiayaan perumahan. Sementara WOMF merupakan perusahaan pembiayaan atau multi finance untuk kendaraan bermotor.

Dengan segmentasi yang berbeda ini, Anton yakin akuisisi WOMF tidak akan mengganggu bisnis pembiayaan Reliance Finance.

"Segmentasi keduanya berbeda. Dan sampai saat ini kami belum berfikir melakukan merger atau apapun, karena mereka memang memiliki segmentasi yang berbeda," kata Anton di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Dalam keterbukaan informasi publik yang disampaikan oleh Maybank Indonesia, total nilai pengalihan saham yang ditempatkan di WOMF kepada Reliance mencapai Rp 673,77 miliar.

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Anton menegaskan, nilai pasti dari saham yang dialihkan tersebut masih harus menunggu audit kinerja keuanagan WOMF tahun buku 2016.

"Jadi saat ini kami tidak dapat memberikan (informasi) berapa nilai pastinya. Kami menunggu persisnya berapa dari auditor," kata Anton.

Diperkirakan laporan audited WOMF akan selesai pada Februari 2017. Setelah itu Reliance akan melaksanakan tender offer, sehingga penyelesaian pengalihan saham ini diperkirakan selesai pada Maret 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com