Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memanfaatkan Peluang Usaha Kreatif Saat Pilkada DKI Jakarta

Kompas.com - 15/01/2017, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta secara langsung alias Pilkada DKI masih berlangsung. Pada 15 Februari, masyarakat Jakarta akan menentukan pilihan mereka: Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno. 

Pada masa kampanye seperti sekarang, rupanya banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momentum Pilkada langsung DKI saat ini untuk meraih penghasilan baru. Diam-diam mereka berjualan pernak-pernik calon gubernur idaman di lapak offline maupun online.

Pernak-pernak souvenir para calon gubernur Jakarta itu bisa ditemui di situs marketplace yang sudah dikenal luas seperti Bukalapak, Tokopedia, dan Blibli.

Bentuknya bermacam-macam, mulai dari topi, kaos, jaket, hingga aksesoris handphone.

Masih ada waktu sebulan lagi hingga 15 Februari buat Anda memanfaatkan momen Pilkada ini untuk ikut ambil untung.

Caranya, apalagi kalau bukan dengan berjualan pernak pernik calon Pilkada. Bentuknya bisa bermacam-macam. Yang jelas, semakin kreatif dan menarik jualan Anda, semakin tinggi menarik minat para fans pasangan calon maupun komunitasnya untuk membeli jualan Anda.

Guna menjangkau pasar dengan cepat, Anda bisa memaksimalkan marketplace untuk memasarkan jualan Anda.

Selain itu, jangan lupa untuk membuat pernak-pernik yang mewakili semua pasangan calon DKI sekaligus, tidak hanya satu pasangan calon saja, agar pasar Anda semakin luas sehingga potensi keuntungan semakin besar.

Apa saja bentuk pernak pernik pasangan calon yang menarik? 

Kaos dan baju

Pakaian yang satu ini paling banyak dijual oleh para pedagang musiman. Lihat saja di situs-situs marketplace online: kaos yang mewakili Agus-Silvi, Ahok-Djarot, dan Anies-Sandi sangat mudah ditemui.

Harganya beragam, mulai Rp 80.000 hingga Rp 110.000 per kaos. Begitu pula harga baju.
Anda pun bisa menambah koleksi kaos calon gubernur DKI dengan disain yang menarik atau menggunakan kata-kata yang menarik perhatian.

Selain itu, agar menarik, Anda bisa tawarkan dengan harga yang sedikit miring atau promosi menarik, sepanjang tetap memberikan margin buat Anda.

Topi

Souvenir berupa topi juga menarik untuk digunakan. Barang ini sering digunakan untuk kegiatan di luar ruangan. Tidak hanya kalangan remaja, topi juga sering digunakan oleh dewasa. Selama Pilkada, topi banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan di ruang terbuka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com