Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penurunan Suku Bunga Kredit Diprediksi Terus Berlanjut

Kompas.com - 19/01/2017, 21:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) sudah menurunkan suku bunga acuan hingga mencapai 150 basis poin sepanjang tahun 2016. Akan tetapi, penurunan suku bunga acuan oleh bank sentral tersebut belum direspon secara optimal oleh perbankan.

Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung menyebut, secara akumulatif dari bulan Januari hingga Desember 2016, suku bunga kredit sudah turun sebesar 79 basis poin.

Sementara itu pada periode yang sama, penurunan suku bunga deposito terpantau sudah mencapai 122 basis poin. Juda menuturkan, penyesuaian suku bunga cukup membantu dalam proses perbaikan di sektor keuangan, baik di sektor perbankan maupun korporasi. Hal ini pun sejalan dengan upaya bank sentral untuk terus menjaga kecukupan likuiditas.

“Ke depan kami perkirakan suku bunga kredit masih akan terus melakukan penyesuaian,” ujar Juda di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Dari angka penurunan suku bunga yang telah dipaparkannya, Juda menyatakan suku bunga kredit maupun suku bunga deposito belum menyesuaikan diri secara penuh terhadap penurunan suku bunga moneter yang telah dilakukan bank sentral.

Oleh sebab itu, ruang penurunan suku bunga perbankan lebih lanjut masih terbuka. Juda menuturkan, baik suku bunga kredit maupun suku bunga deposito akan terus dilakukan penyesuaian hingga akhirnya mendekati besaran suku bunga acuan BI.

Ia menjelaskan, biasanya suku bunga deposito akan terus menyesuaikan hingga mendekati penurunan kebijakan moneter.

Suku bunga kredit akan dilakukan penyesuaian sampai sesuai dengan penurunan suku bunga deposito,” ungkap Juda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com