Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Yogyakarta, Menhub Cek Persiapan "Groundbreaking" Bandara Kulon Progo

Kompas.com - 21/01/2017, 17:22 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Sabtu (21/1/2017) kembali melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah Indonesia.

Kali ini, Menhub mengunjungi kota Yogyakarta untuk meninjau persiapan peletakan batu pertama atau groundbreaking  Bandara baru di Kulonprogo Yogyakarta. 

Sebelum menuju Kulonprogo, Menhub mendatangi Keraton Kesultanan Yogyakarta untuk bertemu Sri Sultan Hamengku Buwono X.  

Dalam pertemuan tersebut ikut hadir Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S Baskoro. 

Pertemuan tersebut, untuk membahas kepastian Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking pembangunan Bandara Baru di Kulonprogo.

Setelah itu, mantan Direktur PT Angkasa Pura II ini langsung bergegas menuju Kulonprogo untuk mengecek persiapan groundbreaking bandara.

Usai meninjau, Menhub mengatakan, secara umum proses groundbreaking bandara baru di Kuloprogro sudah bisa dilaksanakan. 

Menurut dia, saat ini, proses pembebasan lahan mencapai 91 persen dari total lahan sebesar 587,2 hektare. 

"AP I sudah melakukan persiapan-persiapan groundbreaking. Tadi kami berdiskusi dengan Sri Sultan untuk rencana Pak Presiden menghadir groundbreaking. Tentang waktunya kami menyerahkan kepada Mensesneg untuk menjadwalkan. Yang pasti akhir bulan Januari ini," ujar Budi Karya. 

Budi Karya juga mengapresiasi langkah pemerintah provinsi Yogyakarta dalam mendukung proses pembebasan lahan untuk proyek Bandara Baru di Kulonprogo. 

"Kami dari Kemenhub sangat apresiasi dukungan Sultan. Dukungan ini bisa menjadi contoh daerah lain," katanya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S Baskoro, mengatakan pembangunan Bandara Baru di Kulonprogo ini juga untuk mendukung pariwisata.

Selain itu, dirinya berharap bandara tersebut bisa meningkatkan perekonomian di Yogyakarta. "Pembangunan bandara ini tidak mengada-ada. Ini dibutuhkan oleh rakyat. Apalagi Yogyakarta tujuan wisata selain Bali.  Jadi wisatawan asing tidak perlu transit ke Singapura terlebih dahulu, tetapi bisa jadi langsung ke Yogyakarta," tandasnya.  

Pembangunan Bandara Baru di Kulonprogo ini telah digagas sejak tahun 2012. Selain untuk mendukung pariwisata, bandara tersebut juga untuk menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang telah kelebihan kapasitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com