Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPPU: Mekanisme Impor "Zona Base" untuk Daging Sapi Sudah Tepat

Kompas.com - 31/01/2017, 07:26 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Syarkawi Rauf mengatakan, mekanisme impor daging sapi melalui zona base yang diterapkan oleh pemerintah saat ini sudah tepat.

Hal itu bisa membuka negara baru pemasok daging sapi untuk Indonesia. Dalam mekanisme zona base, Indonesia bisa mengimpor daging sapi dari negara manapun asal wilayah yang ada di dalam negara itu bebas dari penyakit kuku dan mulut.

"Zona base sudah baik untuk mendorong penurunan harga daging sapi di dalam negeri," katanya saat sidak peternak sapi di Dusun Jatimulyo, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Senin (20/1/2017).

Sementara itu, mekanisme country base hanya memperbolehkan impor daging sapi dari negara yang dinyatakan bebas dari penyakit kuku dan mulut.

"Kalau zona base, tidak apa-apa impor dari negara yang tidak bebas penyakit itu (mulut dan kuku), tapi di negara itu kan tidak semua daerahnya terkena atau terserang penyakit kuku dan mulut. Sehingga bisa diimpor dari zona - zona yang dinyatakan aman," ungkapnya.

Hal itu diungkapkan Syarkawi menanggapi kasus tertangkapnya hakim MK Patrialis Akbar terkait impor daging sapi.

Syarkawi menyebut ada dua kubu yang saling berhadap - hadapan. Salah satunya adalah yang menginginkan mekanisme zona base seperti saat ini. Sehingga menghendaki uji materi itu ditolak.

Di sisi lain, ada pihak yang menghendaki country base seperti keinginan pemohonan dalam uji materi tersebut. Dua kekuatan besar ini menurut Syarkawi tidak lepas dari tingginya keuntungan yang didapat dari bisnis impor daging sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com