Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Penyedia Listrik Umum, Cara PLN Palu Hindari Pencurian Listrik

Kompas.com - 31/01/2017, 18:40 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menyediakan kebutuhan listrik di tempat umum, PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo Area Palu ‎dan Pemerintah Kota Palu meluncurkan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU), di Anjungan Talise Kota Palu.

General Manager PLN Wilayah Suluttenggo Baringin, Nababan menjelaskan,‎ demi menjangkau tempat-tempat umum yang belum mendapatkan arus listrik, PLN berkomitmen untuk memberikan arus listrik resmi lewat pengadaan SPLU.

"PLN selama ini hanya melayani pelanggan-pelanggan tetap, artinya hanya ada di bangunan-bangunan yang sudah permanen. Sementara di tempat-tempat umum, seringkali tidak didapatkan layanan PLN, padahal ditempat umum itu banyak sekali dibutuhkan (listrik)," ujar Baringin dalam keterangannya, Selasa (31/1/2017).

Diharapkan SPLU ini dapat meningkatkan UKM yang ada di kota Palu, khususnya para pedagang yang membutuhkan sambungan listrik di tempat umum. SPLU ini juga merupakan bentuk dukungan PLN terhadap Pemda Kota Palu dalam membangun perekonomian kota Palu.

Para pedagang yang mungkin sebelumnya mendapatkan pasokan listrik di tempat umum dari sambungan yang tidak aman, saat ini sudah dapat menikmati listrik secara legal dan aman.

PLN Area Palu telah memasang SPLU di empat titik keramaian di Kota Palu, diantaranya Anjungan Pantai Rajamoili, Taman GOR Moh Hatta, Kawasan Taman Ria, di depan Palu Grand Mall dan Kompleks Palu Plaza. Rencana ke depannya PLN Area Palu akan menambah empat SPLU lagi di pusat-pusat keramaian.

Mekanisme penggunaannya sama seperti layanan listrik prabayar, yaitu dengan membeli token listrik (stroom) prabayar di Payment Point Online Bank (PPOB), ATM, Kantor Pos, maupun loket pembayaran lainnya, lalu nomor token yang telah dibeli, dapat di isi pada SPLU yang terpasang. Layanan SPLU ini terbuka untuk masyarakat umum.

Menurut Manajer PLN Area Palu, Emir Muhaemin bahwa SPLU sangat berkaitan dengan perkembangan teknologi dan berbagai permasalahan listrik di masa depan, Emir yakin kehadiran SPLU mampu menjawab tantangan tersebut.

"Kalau bahan bakar mobil sudah menggunakan listrik, ini menjadi masalah tersendiri. Karena itu PLN berpikir bagaimana bisa menyediakan kebutuhan masyakarat di tempat umum sehingga memberikan banyak manfaat bagi warga," tutur Emir.

Kompas TV Mengungkap Fenomena Pencurian Listrik Negara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com