Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi pada Saham Bank Jadi Pilihan

Kompas.com - 02/02/2017, 22:22 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja perbankan agak lesu dalam dua tahun terakhir akibat lemahnya perekonomian. Tahun 2017, kinerja perbankan diperkirakan lebih baik seiring mulai menggeliatnya perekonomian domestik dan global.

Karena itu, menurut AVP Investor Relation PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) Dedi Arianto, harga saham bank di bursa efek berpotensi naik sehingga bisa menjadi salah satu pilihan untuk berinvestasi.

"Kalau ditanya investasi di saham bank, bank apa? Memang dalam kondisi seperti ini yang kami lihat bank yang memiliki total aset cukup besar, atau bank yang memiliki pangsa pasar besar," kata Dedi dalam diskusi "Nabung di (Saham) Bank, dari dan untuk Masyarakat" di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Dedi lebih lanjut mengatakan, bank-bank yang masuk dalam kategori BUKU IV umumnya direkomendasikan untuk dibeli (buy) oleh sebagian besar analis pasar modal. Bank Umum Kategori Usaha IV (BUKU IV) ialah bank yang memiliki modal inti di atas Rp 30 triliun.

"BNI, BRI, BCA, Mandiri," kata Dedi menyebutkan contoh bank-bank besar. Adapun untuk kategori di bawahnya, atau bank BUKU III, Dedi melihat ada rekomendasi yang beragam. Beberapa saham bank BUKU III direkomendasikan beli, tetapi yang lainnya tidak.

Aset BNI pada 2016 mencapai Rp 603,3 triliun atau tumbuh 18,6 persen dibandingkan 2015 yang sebesar Rp 508,59 triliun. Aset BRI pada 2016 mencapai Rp 1.003,6 triliun atau tumbuh 14,3 persen dibandingkan 2015 yang senilai Rp 878,4 triliun. Adapun aset Mandiri pada 2016 mencapai Rp 1.000 triliun atau naik 9,9 persen dibandingkan aset 2015 yang sebesar Rp 910 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com