Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Bus Tirtonadi Solo Terapkan "E-ticketing" seperti Pesawat

Kompas.com - 03/02/2017, 07:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, saat ini sudah menggunakan sistem pembelian tiket secara elektronik atau e-ticketing.

Sistem tersebut memberikan kemudahan kepada konsumen atau penumpang dalam memperoleh tiket bus.

Jika biasanya pembelian tiket bus dilayani melalui loket-loket perusahaan otobus (PO) yang tersedia di terminal, kini pembelian tiket dilayani secara terintegrasi dengan Terminal Tirtonadi Solo.

Penumpang dapat memilih PO bus, tujuan, hingga waktu keberangkatan yang diinginkan.

Pada loket pembelian tiket, penumpang akan dilayani oleh petugas terminal, dan akan diminta menunjukkan kartu identitas untuk data manifes penumpang. Hal ini dilakukan seperti proses ticketing moda angkutan penerbangan.

"Pembelian tiket sudah menerapkan e-ticketing, itu sudah hampir sama dengan naik pesawat," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pudji Hartanto, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/2/2017).

Penasaran dengan penerapan sistem e-ticketing, dirinya pun mencoba membeli tiket bus menuju Ngawi, Jawa Timur.

"Kami pesan, dan kami diminta persyaratan seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan di dalam tiket itu sudah tertera nama saya," ujarnya.

Namun, dirinya menyarankan agar pemberlakuan sistem e-ticketing harus bersinergi antara pengelola terminal dan juga PO agar bisa diketahui berapa jumlah kursi yang masih tersedia dan kursi yang sudah terjual.

"Hanya memang yang perlu diperbaiki antara kantor PO bus dan terminal belum sinkron sehingga harus komunikasi," kata Pudji.

Pudji menjelaskan, dalam sidak tersebut, pihaknya ingin memastikan bagaimana kondisi terminal Tirtonadi secara terkini usai diresmikan beberapa waktu lalu.

"Saya diam-diam melihat situasi dan kondisi yang sebenarnya dari Terminal Tirtonadi setelah diresmikan oleh Pak Menteri Perhubungan," ujarnya.

Temuan selama sidak

Dalam sidak di Terminal Tirtonadi itu, Pudji pun melihat ada kondisi fisik terminal yang perlu perbaikan, salah satunya kerusakan lantai pada lorong penumpang Terminal Tirtonadi yang bergelombang dan terlepas.

"Ini mengapa bergelombang? Segera perbaiki ya, biar enggak ganggu penumpang," ujar Pudji kepada Kepala Terminal Tirtonadi, Solo, Eko Agus Susanto.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com