Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Investasi Rp 46 Miliar, Terminal Bus Ponorogo Diresmikan Menhub

Kompas.com - 03/02/2017, 12:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Ponorogo, Jawa Timur.

Dalam kunjungan tersebut, Menhub meresmikan terminal bus tipe A Seloaji, Ponorogo, yang menelan total investasi Rp 46 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APDB).

Hadir dalam peresmian tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Wakil Gubernur Jawa Timur Saefullah Yusuf, dan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni.

"Berkali-kali Bapak Presiden Joko Widodo mengingatkan saya, setiap pelayanan tidak hanya terbatas pada pembangunan, tetapi harus pelayanan yang totalitas," ujar Menhub di Terminal Seloaji, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (3/2/2017).

Menhub menambahkan, sejatinya terminal bus di berbagai daerah menjadi pusat kegiatan, baik kegiatan ekonomi masyarakat, pengoperasian bus-bus antarkota dalam provinsi, dan antarkota dalam provinsi yang saling terintegrasi.

"Saya yakin kepada Pak Bupati Ponorogo bisa jadikan Terminal Seloaji menjadi hebat, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Terminal Penumpang Tipe A Seloaji Ponorogo saya nyatakan resmi beroperasi," ujar Menhub.

Menhub berharap agar ke depan pengelola Terminal Seloaji selalu memperhatikan kondisi fasilitas utama dan penunjang terminal.

"Terutama kebersihan, ketertiban, kenyamanan, dan keamanan, serta melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas terminal secara baik agar tercipta pelayanan terminal angkutan jalan yang aman, nyaman, bersih, tertib, dan berkeselamatan," tegas Menhub.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, pembangunan Terminal Ponorogo telah dimulai dari tahun 2013 sampai dengan 2016.

Dalam periode tersebut, telah dikucurkan APBN sebanyak Rp 34 miliar, APBD fase I Rp 6 miliar dan APBD fase II Rp 5,9 miliar, secara keseluruhan total pembangunan Terminal Ponorogo menelan biaya investasi Rp 45,9 miliar.

Kompas TV Menhub Tegur Dishub DKI Soal Terminal Pulogebang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com