Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Targetkan Laba Bersih 2017 Capai Rp 1,8 Triliun

Kompas.com - 03/02/2017, 21:56 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) menargetkan laba bersih 2017 sebesar Rp 1,8 triliun. Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menerangkan, untuk mencapai target, perseroan akan menambah kerja sama dengan mitra-mitra swasta.

Menurut dia, ada tiga perusahaan pelayaran (shipping line) internasional yang nantinya bekerja sam dengan Pelindo II. Namun dirinya tidak menyebutkan perusahaan apa saja yang akan bekerja sama. 

"Kita juga akan mengatur pengeluaran biaya operasional. Jadi nanti yang dikeluarkan hanya yang bersifat perlu saja," ujar Elvyn dalam Media Gathering Pelindo II di Bandung, Jumat (3/2/2017). 

Selain itu, kata Elvyn, penunjukkan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi hub internasional juga bakal berkontribusi bagi pendapatan tahun ini. Dengan adanya konsolidasi kargo di Tanjung Priok, kegiatan ekspor dari berbagai daerah tidak perlu lagi melalui Singapura. Selama ini, konsolidasi kargo kegiatan ekspor dari berbagai daerah Indonesia dilakukan di Singapura.

Pelindo II menargetkan pendapatan perseroan bisa mencapai Rp 10,5 triliun pada tahun 2017 atau tumbuh 16 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp 9 triliun.

"Target ini meliputi arus peti kemas 6,8 juta TEU dan belanja modal Rp 4,6 triliun," jelas dia.  Elvyn pun menambahkan, perseroan menargetkan waktu bongkar muat barang atau dwell time bisa mencapai 2,5 hari.

Pada tahun 2016, realiasi dwell time mencapai 2,7 hari.  "Kami juga akan membangun tiga pelabuhan yakni, Pelabuhan Kijing Kalimantan Barat, Pelabuhan Sorong Papua, dan pengembangan Terminal peti kemas Kalibaru," tandasnya. 

Pelindo II saat ini memiliki 12 cabang pelabuhan yang tersebar di wilayah bagian barat Indonesia. Ke-12 pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Priok, Sunda Kelapa, Palembang, Pontianak, Teluk Bayur, Banten, Bengkulu, Panjang, Cirebon, Jambi, Pangkal Balam dan Tanjung Pandan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com