Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mengajar Balita Menabung

Kompas.com - 04/02/2017, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usia dini adalah masa di mana si kecil belajar banyak hal. Pada usia inilah banyak pembelajaran yang meresap dan awal dari terbentuknya karakter dan kebiasaan yang akan dibawa hingga dewasa.

Untuk itu, penting sekali untuk mengajarkan dengan tepat agar anak Anda mempunyai bekal yang baik ketika bertumbuh.

Selain mengajarkan mengenai pengetahuan, kecerdasan akademis, dan juga sopan santun, Anda juga perlu mengenalkan mengenai konsep uang dan menabung pada anak sejak dini atau bisa juga saat usia pra sekolah.

Ada banyak manfaat baik yang bisa didapat jika mulai mengenalkan anak menabung. Salah satunya adalah sikap mandiri, tidak tergantung pada orang lain, tanggung jawab, dan belajar memenuhi kebutuhannya sendiri di kemudian hari.

Memberi pemahaman pada anak mengenai menabung juga membuat anak lebih mudah menyadari kerja keras yang Anda lakukan sebagai orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan demikian, anak akan makin menghargai Anda dan juga meningkatkan keterikatan antara Anda dan si buah hati.

Ada beberapa tips untuk mengajarkan anak menabung, berikut beberapa di antaranya:

a.            Mengenalkan konsep uang

Sebelum mengajarkan anak menabung, ada baiknya Anda mengenalkan terlebih dahulu konsep uang pada anak. Karena pasti anak Anda belum begitu paham apakah itu uang, untuk apa dan berasal dari mana.

Anda dapat mengajarkan dari hal yang sederhana terlebih dahulu. Beritahu juga bahwa nilai setiap uang itu berbeda-beda setiap lembar atau koinnya sehingga anak dapat membedakan nilai dari uang.

Berikan pula pemahaman bahwa uang merupakan alat pembayaran yang digunakan untuk bisa mendapatkan barang atau jasa tertentu.

b.            Bermain

Dunia anak-anak adalah dunia bermain, sehingga salah satu cara mengenalkan uang pada anak adalah dengan bermain bersama, seperti bermain monopoli.

Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat mengajarkan anak untuk berhemat dan belajar menentukan prioritas kepentingan mana yang harus didulukan dalam mengeluarkan uang.

Secara tak sadar, anak juga belajar untuk memahami tentang keuangan dan menabung meskipun dilakukan sambil bermain.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com