Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Swedia Akan Investasi Listrik Tenaga Surya di Halmahera

Kompas.com - 08/02/2017, 07:20 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, menggandeng investor asal Swedia, PT One Heart. Perusahaan ini akan membangun sistem pembangkit listrik tenaga surya dan hidrogen.

Pertemuan kedua belah pihak dilangsungkan di kantor Bupati Halmahera Tengah, Selasa (7/2/2017), antara Bupati Halmahera Tengah Al Yasin Ali dengan pihak investor Peter Rinaldo. Kerja sama ini dianggap sebagai langkah maju saat terjadinya krisis listrik di beberapa kecamatan di Halmahera Tengah.

“Kerja sama dengan investor asing asal Swedia ini merupakan solusi bagi masyarakat Halteng yang selama ini keluhkan seringnya pemadaman listrik oleh pihak PLN,” kata Ali Yasin.

Sebagai langkah awal, kata Bupati, Pemkab Halmahera Tengah akan menyiapkan lahan bagi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Hidrogen di Halmahera Tengah.

"Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar solusi penanggulangan masalah listrik di Halteng secepatnya terjawab, karena sesuai penyampaian Coordinator PT One Heart, pada 28 Februari 2017 nanti mereka akan mendatangkan kapalnya di Kabupaten Halmahera Tengah,” kata Bupati lagi.

Sementara itu, koordinator Indonesia PT One Heart, Ahmad Zaky, menambahkan, tenaga listrik yang dihasilkan merupakan kombinasi antara energi panas matahari dan hidrogen. Munculnya sistem ini ada dua cara mendapatkan energi matahari.

"Konsep ini memberikan kesempatan yang menarik untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan serta mampu memenuhi seluruh kebutuhan manusia, termasuk bahan makanan, bahan kimia, pemanas, dan listrik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com