Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Akui Pemangkasan Anggaran Berimplikasi ke Pertumbuhan Ekonomi 2016

Kompas.com - 08/02/2017, 15:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS. com - Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak memungkiri, keputusannya memangkas anggaran berdampak kepada keseluruhan pertumbuhan ekonomi 2016.

Meski begitu, ia menilai implikasi pemangkasan anggaran tidak begitu besar sebab pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap mampu tumbuh 5,02 persen.

"Tidak terlalu berat jadi pertumbuhan ekonomi bisa di atas 5 persen," ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu usai menghadiri acara Mandiri Invesment Forum di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Seperti diketahui, pemangkasan anggaran dalam APBNP 2016 mencapai Rp 137,6 triliun. Angka tersebut naik Rp 4,6 triliun dari angka yang sempat disebutkan belum lama ini yakni sebesar Rp 133 triliun.

Pemangkasan anggaran itu terdiri dari penghematan pemerintah pusat yakni belanja Kementerian dan lembaga sebesar Rp 64,7 triliun.

Adapun sisanya merupakan penghematan dana transfer ke daerah Rp 70,1 triliun dan dana desa sebesar Rp 2,8 triliun.

Terkait pertumbuhan ekonomi 2017, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu masih optimistis akan lebih baik dari 2016. Hanya saja, ia mengatakan bahwa pemerintah tetap harus berhati-hati.

Masih belum jelasnya arah kebijakan ekonomi Amerika Serikat (AS), belum seimbangannya ekonomi China, dan berbagai faktor di dalam negeri, jadi faktor-faktor yang diwaspadai pemerintah.

Dalam Undang-Undang APBN 2017, pertumbuhan ekonomi ditargetkan hanya 5,1 persen, inflasi 4,0 persen, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS Rp 13.300, tingkat suku bunga SPN tiga bulan 5,3 persen.

Adapun harga minyak mentah Indonesia (ICP) dipatok 45 dollar AS per barel, minyak bumi 815.000 barel per hari, dan lifting gas bumi 1,15 juta setara minyak per hari.

Kompas TV Pemerintah Batasi Defisit Anggaran Tidak Lebih dari 3%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com