Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Minta Pengembangan Ekonomi di Kepulauan Harus Detail

Kompas.com - 09/02/2017, 12:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Presiden RI Joko Widodo meninjau Pelabuhan Ambon, Maluku, Kamis (9/2/2017), dengan agenda antara lain meninjau dua kapal penyeberangan hibah dari Kementerian Perhubungan.

Presiden juga meninjau kapal-kapal rakyat serta menyaksikan pembagian bantuan 1.600 baju pelampung.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Pelabuhan Ambon sekitar pukul 11.00 WIT.

Rombongan antara lain terdiri dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan disambut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Pada akhir kunjungannya, Presiden Jokowi membagikan buku tulis kepada beberapa siswa SD yang hadir dalam acara tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya menjelaskan, laut harus menjadi jalan dalam memberikan kemakmuran bagi masyarakat. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan pemerintah memberlakukan tol laut.

"Tol laut memang tidak serta-merta (langsung sukses), walaupun sekarang sudah ada hasilnya, di Namlea itu (harga-harga) turun 20 sampai 30 persen," kata Budi di Pelabuhan Ambon.

Budi mengungkapkan, Presiden telah berpesan agar pembangunan kelautan di wilayah kepulauan harus dilakukan secara detail. Salah satu upaya yang ditempuh adalah menambah rute tol laut menjadi tujuh lintasan.

"Kita juga akan membangun Rumah Kita, itu rumah logistik, pengumpul untuk menstabilkan harga," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com