Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Mode Ivanka Ditarik dari Pusat Belanja, Trump Berang

Kompas.com - 09/02/2017, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Peritel mode Nordstrom Inc beberapa waktu lalu menarik lini mode milik putri Presiden AS Donald Trump, Ivanka Trump.

Ternyata, hal ini membuat Trump berang dan menguarkan pandangan bahwa Trump menyalahgunakan wewenangnya untuk menpertahankan kerajaan bisnis keluarga.

(Baca: "Department Store" Nordstrom Singkirkan Produk Merek Ivanka Trump)

Mengutip Reuters, Kamis (9/2/2017), Nordstrom kembali menegaskan bahwa keputusan untuk menarik produk lini mode milik Ivanka pada pekan lalu dibuat lantaran penurunan penjualan produk-produk Ivanka tersebut.

Namun demikian, juru bicara Gedung Putih Sean Spicer menyatakan bahwa keputusan itu adalah serangan langsung terhadap kebijakan Presiden Trump.

"Putri saya Ivanka telah diperlakukan secara tidak adil oleh @Nordstrom. Ia adalah orang yang hebat, selalu mendorong saya untuk melakukan hal yang benar! Menyedihkan!" tulis Trump dalam akun Twitter pribadinya maupun akun Twitter resmi kepresidenan.

Meskipun demikian, pernyataan Trump tersebut dianggap kurang pantas bagi seorang presiden.

Pasalnya, Trump dinilai mencampurkan kehidupan pribadinya dengan urusan pekerjaannya sebagai orang nomor satu di AS.

"Ini adalah penyalahgunaan jabatan publik untuk keuntungan pribadi. Ini juga adalah penyalahgunaan kekuasaan karena pesan resminya jelas, Nordstrom adalah persona non grata dengan pemerintah," jelas Richard Painter, yang pernah menjabat kepala pengacara etik mantan Presiden George W Bush.

Sekadar informasi, Trump menolak melepaskan semua bisnisnya meski muncul banyak kritik. Dengan melepaskan ikatan dengan kerajaan bisnisnya, maka Trump diharapkan dapat menghindarkan konflik kepentingan.

Pada 11 Januari 2017 lalu, Trump menyatakan bakal menjaga kepemilikan kerajaan bisnis globalnya, namun akan menyerahkan kendali bisnis kepada dua putra tertuanya.

Selain itu, Trump juga menolak untuk mempublikasikan laporan pajaknya.

Kompas TV Inilah Kekayaan Presiden AS Donald Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com