Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Tembok Batas AS-Meksiko, Berapa Biaya yang Dikeluarkan Trump?

Kompas.com - 10/02/2017, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menerbitkan kebijakan yang dipandang kontroverisla, yakni akan membangun tembok perbatasan antara wilayah AS dan Meksiko.

Sebenarnya, berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintahan Trump untuk membangun tembok batas tersebut?

Mengutip Reuters, Jumat (10/2/2017), pembangunan tembok batas itu diestimasikan menelan biaya 21,6 miliar dollar AS dan membutuhkan waktu pengerjaan selama lebih dari tiga tahun.

Informasi ini diperoleh dari laporan intenal Departemen Keamanan Dalam Negeri AS. Laporan tersebut mengestimasikan biaya yang lebih tinggi dibandingkan yang dinyatakan Trump pada saat kampanye, yakni 12 miliar dollar AS.

Sebelumnya, Juru Bicara Partai Republik Paul Ryan menyatakan pula biaya pembangunan tembok batas AS-Meksiko itu mencapai 15 miliar dollar AS.

Laporan itu kabarnya akan disajikan kepada Menteri Keamanan Dalam Negeri AS John Kelly dalam beberapa hari mendatang.

Rencananya, proyek itu akan dilakukan dengan tiga tahapan konstruksi tembok batas membentang sepanjang 2.000 kilometer hingga akhir 2020. Tembok batas sepanjang 1.046 kilometer sudah terbangun.

Adapun konstruksi baru akan melanjutkan sisanya hingga mencapai 2.000 kilometer dan memagari seluruh batas wilayah kedua negara.

Laporan tersebut pun menyatakan pula bahwa tahap pertama pembangunan tembok akan menjadi tahap yang paling pendek, yakni sepanjang 42 kilometer.

Pembangunan akan ditargetkan di dekat San Diego di negara bagian California, serta El Paso dan Rio Grande Valley di negara bagian Texas.

Dalam laporan itu disebutkan, Departemen Keamanan Dalam Negeri akan memperoleh pembiayaan dari Kongres pada April atau Mei 2017.

Dengan demikian, Departemen Keamanan Dalam Negeri bisa memiliki cukup waktu untuk mencari kontraktor dan memulai pembangunan pada September 2017.

Sebelumnya, Trump menyatakan Kongres harus membiayai pembangunan tembok batas dan seluruh biayanya akan dipertanggungkan kepada Meksiko.

Akan tetapi, Meksiko menyatakan tidak akan membayarnya. Pembangunan tahap kedua akan membentang sepanjang 242 kilometer di wilayah perbatasan di Rio Grande Valley Laredo, El Paso, dan Big Bend di negara bagian Texas serta Tucson di negara bagian Arizona.

Adapun tahap ketiga mencakup 1.728 kilometer, namun belum jelas mencakup wilayah mana, dan hanya disebutkan akan menutup seluruh wilayah perbatasan AS-Meksiko.

Kompas TV Pagar Pembatas Akan Turunkan Perekonomian AS?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com