Pedagang Makanan Kesal Harga Cabai Rawit Merah Terus Naik - Kompas.com

Pedagang Makanan Kesal Harga Cabai Rawit Merah Terus Naik

Achmad Fauzi
Kompas.com - 12/02/2017, 12:15 WIB
KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Aneka sambal yang disajikan di Hotel Pullman Jakarta Central Park dalam rangka Indonesia Food Festival.

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal tahun 2017 menjadi hal yang menakutkan bagi pedagang makanan yang menggunakan cabai untuk rasa pedas makanannya.

Bagaimana tidak, harga cabai rawit merah yang tembus hingga Rp 160.000 per kilogram (Kg). Padahal, normalnya harga cabai rawit merah sebesar Rp 50.000 per kg.

Ibu Topo (48) misalnya, pedagang makanan "sambel setan" ini merasa kesal dan sedih dengan kenaikan harga cabai rawit merah. Bahkan, dirinya mengaku membeli cabai rawit merah seharga Rp 170.000 per kg.

"Saya nangis lihat harga cabai. Kalau di pasar saya bengong mikirin harga cabai naik terus," ujar Topo saat diwawancarai Kompas.com di Jakarta, Sabtu (11/2/2017).

Lanjut, Biasanya Topo memberikan sebanyak-banyaknya sambal kepada konsumen. Namun kini, hal tersebut tidak bisa dilakukan lagi.

Saat ini, dirinya membatasi pemberian sambal kepada konsumen.  Selain itu, semenjak harga cabai naik dirinya juga tidak melayani pembelian sambal oleh konsumen.

"Sekarang mah kasih sambal dikit aja. Nanti kalau abis bisa nambah. Kalau kami kasih langsung banyak dan nggak abis sayang kan," jelas Topo yang sering berdagang di daerah Senayan. 

Topo mengungkapkan, saat ini pedagang makanan juga tidak bisa memilih cabai rawit merah dengan kualitas super.

"Sekarang mah diaduk jadi satu, jadi nggak cabai rawit merah aja ada yang putih juga," ungkapnya.

Topo pun mengaku terus merugi dengan kenaikan harga cabai rawit merah. Bahkan, dirinya ingin berhenti berdagang jika harga cabai rawit merah terus mengalami kenaikan. 

"Padahal harga sudah dinaikin Rp 1.000, tetapi masih rugi. Pinginnya libur aja harga cabai naiknya nggak kira-kira," ucapnya. 

Topo berharap, pemerintah bisa menurunkan harga cabai rawit merah.

"Kalau Rp 70.000 per kg masih wajar. Pokoknya jangan harga cabai jangan naik terus," tandasnya.

Sekadar informasi, harga kenaikan cabai rawit merah Rp 160.000 per kg telah berlangsung sejak seminggu lalu. Pada Januari 2017, harga cabai rawit merah tembus Rp 120.000 per kg.

Kompas TV Harga cabai yang labil berdampak pada omset yang didapat di pasar tradisional. Seperti halnya yang terjadi di Purworejo, Jawa Tengah

PenulisAchmad Fauzi
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X