Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MY Indo Airlines Jajaki Penerbangan Kargo Semarang-Singapura

Kompas.com - 12/02/2017, 20:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Maskapai penerbangan MY Indo Airlines menjajaki kemungkinan penerbangan langsung direct flight dari Semarang-Singapura (PP). Hal tersebut disampaikan Cargo Sales Manager PT MY Indo Airlines Dimaz Ramandyta, dalam siaran tertulisnya, Sabtu (11/2/2017).

Berdasarkan survei yang dilakukan perusahan, direct flight dari Semarang ke Singapura dinilai terus berkembang, terutama dari ekspor dan impor dari Jawa Tengah ke Singapura.

Sejauh ini, belum ada pesawat freighter yang melayani secara langsung untuk area Semarang-Singapura. “Kami melihat banyak permintaan dari dan ke Semarang. Untuk itu, kami mulai jajaki dengan para pelaku usaha di Semarang, salah satunya dengan Asperindo” kata Dimaz.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Internasional Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia Jawa Tengah, Rachdi Satoto mengatakan, selama ini pengiriman logistik Singapura - Semarang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta.

Mereka juga menyambut baik rencana maskapai yang hendak membuka langsung rute penerbangan langsung. Direct flight akan membuka keuntungan bagi pelaku usaha ekspor impor.

“Kami senang, karena ini bisa memperpendek waktu transit dan penghematan sekitar Rp 1,9 juta per shipment,” ujar Rachdi. Pengurangan biaya pengiriman sebesar Rp 1,9 juta itu dihitung dari besaran biaya pengiriman dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Soekarno Hatta.

“Jika penerbangan langsung, tentu kami hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya dari Semarang ke Jakarta,” ucapnya.

Anggota Asperindo pun secara berkala mengirimkan barang dengan airline hub di Singapura yakni DHL, PT Pos Indonesia, Fedex, TNT dan anggota lainnya. MY Indo Airlines rencananya akan menyediakan pesawat kargo boeing 737-200 dengan kapasitas volume barang sebanyak 16 ton. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com