Selasa, 28 Februari 2017

Ekonomi

Genjot Pendapatan Daerah, BNI Luncurkan Kartu Semarang Hebat

Jumat, 17 Februari 2017 | 14:23 WIB
dok BNI Peluncuran Kartu Semarang Hebat

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bersama Pemerintah Kota Semarang dan Bank Jateng menghadirkan kartu Semarang Hebat.

Penerbitan kartu ini guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Semarang dan untuk mendukung konsep pengembangan sebagai kota pintar.

Kartu ini diperuntukkan bagi warga Kota Semarang untuk memudahkan berbagai transaksi keuangan karena dalam satu kartu tersebut telah tertanam beragam fungsi, yaitu mulai dari sebagai tabungan hingga kartu identitas.

Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menyatakan, selain peluncuran kartu Semarang Hebat, BNI juga telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Semarang dalam mengelola pajak hotel yang ke depannya akan ditambah dengan pajak hiburan dan pajak daerah lainnya.

“Model kartu seperti Semarang Hebat ini baru pertama diluncurkan di Indonesia. Ini merupakan kerja sama tahap awal, berupa Kartu Semarang Hebat Co-Branding Prepaid Tapcash Bank Jateng dengan issuing BNI," ungkap Adi dalam pernyataan resmi, Jumat (17/2/2017).

Ke depan, kerja sama dapat juga dilakukan perluasaan dan sinergi channel bersama BNI - Bank Jateng untuk transaksi nasabah di ATM dan EDC, serta program collection layanan publik melalui channel bersama.

Kartu ini dapat berfungsi sebagai kartu debit maupun alat transaksi di merchant-merchant, baik dalam negeri maupun luar negeri. Kartu ini juga dapat digunakan sebagai alat transaksi pada sarana pemasaran online atau e-Commerce Semarang Creative Gallery menggunakan BNI debit online.

Kartu tersebut juga dapat digunakan untuk sarana pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak lainnya, Pembayaran Sewa Rumah Susun, sebagai uang elektronik (Tapcash) untuk pembayaran Bus Trans Semarang, pembayaran tol, parkir maupun pembayaran lainnya di merchant-merchant.

BNI yang diluncurkan ini juga dapat dikembangkan sebagai Kartu Identitas, Kartu Absensi, hingga kartu perpustakaan. BNI akan menjadi bank mitra Pemerintah Kota Semarang. Kerja sama ini juga dapat menjadi langkah strategis untuk menjadikan BNI sebagai solusi perbankan terpadu bagi pemerintah daerah di seluruh Indonesia, apalagi masih banyak potensi bisnis yang dapat digali antara BNI dengan pemerintah daerah.

"Cross selling atas semua produk BNI secara menyeluruh merupakan salah satu solusi untuk memberikan layanan yang terbaik dan memenuhi semua kebutuhan nasabah terhadap perbankan," tutur Adi.

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Bambang Priyo Jatmiko
TAG: