Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Lenovo Anjlok 67 Persen

Kompas.com - 17/02/2017, 19:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

HONG KONG, KOMPAS.com - Produsen komputer terbesar di dunia Lenovo Group Ltd mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 67 persen pada kuartal III 2016. Anjloknya kinerja Lenovo disebabkan terbatasnya pasokan dan kondisi makroekonomi yang lemah. Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/2/2017), laba bersih Lenovo merosot menjadi 98 juta dollar AS.

Adapun para analis sebelumnya memprediksi laba bersih Lenovo mencapai 159,53 juta dollar AS. Sementara itu, pendapatan Lenovo turun 6 persen menjadi 12,2 miliar dollar AS.

Dalam pernyataan resminya, Lenovo menyatakan gangguan pasokan berdampak pada kinerja operasional perseroan dan lingkungan makroekonomi serta pasar global yang menantang.

Industri komputer personal atau PC saat ini sedang dihadapkan pada tantangan persaingan dengan tablet maupun ponsel pintar alias smartphone. Banyak konsumen lebih memilih kedua perangkat tersebut untuk mengakses internet dan penggunaan sehari-hari ketimbang PC.

Meskipun demikian, bisnis inti PC Lenovo membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 2 persen menjadi 8,6 miliar dollar AS. Padahal, selama tujuh kuartal terakhir, pendapatan pada lini bisnis utama ini kurang menggembirakan. Adapun pengiriman tumbuh 2 persen menjadi 15,7 juta unit.

Lenovo juga memprediksi kinerja lini bisnis mobile akan membaik pada tahun fiskal berikutnya. Sepanjang tahun 2016, harga saham Lenovo telah meningkat 10 persen. Hal ini sejalan dengan penguatan indeks HSI Hang Seng. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com