Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasihat Trump Lepas Sebagian Saham Freeport

Kompas.com - 21/02/2017, 14:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penasihat Presiden AS Donald Trump, Carl Icahn mengumumkan melepas sebagian saham Freeport McMoran pada pekan lalu. Sebaliknya, Icahn menambah kepemilikan saham pada Herbalife.

CNBC pekan lalu memberitahan bahwa Icahn telah mengurangi sebagian sahamnya di Freeport sehingga dia menggenggam 91,2 juta saham Freeport kelas B per 31 Desember 2016. Namun demikian, Icahn tercatat masih menjadi salah satu investor terbesar Freeport.

Di sisi lain, Icahn menambah kepemilikannya di Herbalife, sehingga dia memegang 22,5 juta saham di perusahaan ini.

Icahn selama ini dikenal sebagai aktivis investor. Dia masuk ke Freeport saat pemegang saham perusahaan ini marah kepada manajemen akibat membengkaknya utang gara-gara gagal berinvestasi di sektor migas.

Masuknya Icahn menjadikan Freeport terus berada dalam sorotan, karena dia terus mendesak perusahaan tambang ini untuk fokus dalam penyelesaian utang. Saat itu, Icahn masuk ke Freeport dengan menggenggam sekitar 8,3 persen saham.

Icahn melakukan negosiasi dengan manajemen. Salah satunya dengan memangkas jumlah direksi dari 16 menjadi 11. Selain itu, dia juga mendudukkan dua orang perwakilan dari Icahn Enterprises sebagai direktur di jajaran dewan direksi Freeport.

Icahn sebelumnya mendorong Donald Trump kaju pada ppilpres AS 2016. Dia juga mengumumkan pembentukan super PAC atau semacam komite yang mendorong reformasi pajak perusahaan.

Setelah masuk dalam daftar calon presiden dari Partai Republik, Trump mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan Icahn untuk Menteri Keuangan. Namun, posisi ini akhirnya dipegang oleh Steve Mnuchin.

Saham Freeport ditutup melemah 1,91 persen pada akhir pekan lalu. Namun demikian, saham perusahaan ini telah menguat sebesar 115,46 persen dalam satu tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com