Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Maret, Menteri ESDM Janji Turunkan Harga Gas Industri di Sumut

Kompas.com - 24/02/2017, 08:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi mengatakan, pemerintah pusat melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berjanji akan menurunkan harga gas untuk industri di Sumatera Utara (Sumut).

Jonan menyampaikan penurunan harga gas industri di Sumut tersebut dalam rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Gubernur Erry mengatakan, penurunan harga gas industri di Sumut yakni dari 12, 2 dollar AS per MMbtu menjadi 9,9 dollar AS per MMbtu. Penurunan harga gas berlaku per 1 Maret 2017. 

"Masalahnya, harga gas untuk industri di Sumut tertinggi dunia," kata Erry saat menghadiri peresmian Pabrik Sarung Tangan PT Medisafe di Tanjungmorawa, Deliserdang, bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kamis (23/2/2017).

Menurut Gubernur Erry, harga gas industri menjadi salah satu kendala investasi dan menyebabkan industri di Sumut tidak mampu bersaing. Keluhan ini dijawab langsung Menteri ESDM dengan kabar gembira penurunan harga gas.

Walau masih tinggi jika dibanding Malaysia yang hanya sekitar 6 dollar AS per MMbtu, namun penurunan harga gas industri tersebut menjadi angin segar bagi pelaku industri di Sumut.

“Kami harap melalui Menteri Perindustrian, harga gas bisa diturunkan lagi agar industri di Sumut bisa lebih kompetitif,” kata Erry.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjawab, harga gas yang turun akan terus dievaluasi per enam bulan sesuai harga minyak dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com