Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Jadi Maskapai Pertama yang Operasikan A320neo di Indonesia

Kompas.com - 25/02/2017, 08:23 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

BANTEN, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink mendatangkan satu pesawat Airbus A320neo, Jumat (24/2/2017). Ini merupakan pesawat Airbus A320neo pertama yang dioperasikan di Indonesia.

"Hari ini yang spesial, kita menyambut kedatangan A320neo yang pertama di Indonesia," kata Direktur Citilink Indonesia Mega Satria dalam acara seremonial penyambutan pesawat perdana Airbus A320neo Citilink di Hanggar 4, Garuda Management Facility, Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Jumat (24/2/2017).

Ia mengatakan, Citilink mendatangkan pesawat A320neo ini untuk meningkatkan pelayanan bagi penumpang Citilink.

Menurut Mega, pesawat A320neo lebih ramah lingkungan dibandingkan seri Airbus sebelumnya.

"(Airbus 320neo bisa) menghemat bahan bakar sebanyak fuel 15 persen dan biaya hingga 8 persen," ujar dia.

(Baca juga: Gunakan A320neo, Citilink Bakal Hemat Bahan Bakar hingga 15 Persen)

Komisaris Citilink Daryatmo mengatakan, A320neo ini merupakan satu dari lima pesawat yang didatangkan oleh Citilink pada 2017. Ia mengatakan, A320neo ini adalah bagian dari peningkatan layanan Citilink.

"Dengan pesawat ini datang lebih menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang. Tidak kalah pentingnya, pilot dan kru terbang yang merupakan salah satu komponen penting," kata Daryatmo pada kesempatan yang sama.

Citilink memilih mesin CFM Leap-1A. Armada baru ini akan melayani rute penerbangan domestik serta internasional, seperti ke China dan Timur Tengah.

Pesawat ini mengusung kapasitas 180 penumpang dalam layout kelas-tunggal (all-economy class). A320neo merupakan generasi teranyar dari seri pendahulunya, yakni A320.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com