Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gila Belanja? Kenali Ciri-Cirinya

Kompas.com - 26/02/2017, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja dimanapun dan kapanpun adalah hal yang sangat menyenangkan, bagi sebagian besar perempuan. Belanja tidak hanya memenuhi kebutuhan, tapi juga membuat refreshing untuk yang melakukanya.

Namun, belanja juga bisa menimbulkan sedikit masalah yang efeknya cukup besar, terutama pada keadaan keuangan kita. Seorang yang gila belanja tentu adalah orang yang cenderung boros.

Untuk berbelanja, saat ini aksesnya begitu mudah. Anda bisa belanja secara langsung maupun secara online. Saat perasaan menjadi kagum melihat produk-produk baru di sana, namun Anda sadar bahwa saat ini keuangan sedang kurang memadai, Anda tidak berbelanja.

Yang berbahaya adalah, saat keinginan belanja itu menjadi begitu besar, hingga tidak memikirkan keadaan keuangan sendiri.

Secara cash atau dengan kartu kredit, jika belanja sudah menjadi keinginan yang tidak bisa dibendung, maka Anda adalah seorang yang gila belanja. Berikut ciri-cirinya :

1.    “Belanja adalah Penghilang Stres“

Apakah Anda berpikiran seperti itu saat berbelanja? Bisa jadi Anda termasuk orang yang gila belanja. Alasannya memang masuk akal yakni untuk refreshing, namun aktivitas belanja ini akan menjadi candu.

Saat keadaan keuangan kurang memadai, sebaiknya jangan pergi berbelanja untuk menghilangkan stres, ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan, seperti tidur, jogging, dan makan makanan sehat. Bukankah itu lebih baik?

2.    “Perasaanku Menjadi Sangat Senang”

Rasa senang saat berbelanja itu wajar, namun jika rasa yang Anda miliki ini begitu sangat senang, ini berarti sudah berlebihan. Bisa dipastikan, belanjaan Anda juga cenderung akan berlebihan. Apa yang Anda senangi, ingin segera dimiliki.

3.    Merasa Bersalah

Saat sadar telah berbelanja banyak hal, dan telah menghabiskan uang tunai serta kartu kredit untuk berbelanja, saat itu Anda merasa begitu bersalah karena sudah menghamburkan uang sendiri. Lalu Anda akan menyembunyikan hal ini dari teman-teman karena tidak ingin semakin merasa bersalah lagi.

4.    Semua Kartu Kredit Digunakan Untuk Belanja

Karena kartu kredit Yang satu sudah hampir limit, Anda berpindah ke kartu kredit berikutnya. Hingga akhirnya, semua kartu kredit yang dimiliki digunakan untuk membayar belanjaan. Setelah itu tagihan kredit yang ada akan semakin menambah beban keuangan.

5.    Tidak Pernah Merasa Puas

Seorang yang gila belanja, tentu akan selalu merasa tidak puas akan belanjaanya. Selalu ada yang kurang dan harus dibeli, bahkan di setiap harinya. Atau Anda sudah memiliki banyak barang, namun masih merasa tidak ada yang bagus untuk digunakan. Jika sudah begitu, Anda memang seorang yang gila belanja.

Atasi Gila Belanja Dengan Penanganan Cepat

Seperti penyakit yang menular dan berbahaya, gila belanja harus ditangani dengan cepat. Kalau perlu, coba untuk berkonsultasi dengan ahli psikologi, karena gila belanja adalah depresi.

Selain itu, minta teman untuk selalu mengingatkan saat Anda berlebihan belanja dan jangan pernah pergi belanja seorang diri.

Kompas TV Kamu Puas Berbelanja "Online"?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com