Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Prediksi Kenaikan Suku Bunga AS pada Maret 2017

Kompas.com - 28/02/2017, 11:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve diprediksi segera menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR). Adapun kemungkinan kenaikan FFR pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada 14 dan 15 Maret 2017 kian nyata.

Mengitip CNBC, Selasa (28/2/2017), probabilitas kenaikan FFR pada Maret 2017 kini sudah mencapai 50 persen. Para investor pun sudah melakukan price in terhadap kemungkinan tersebut.

"Ini adalah yang diinginkan The Fed. Sekarang, The Fed bisa saja tidak menaikkan, tetapi mereka setidaknya menginginkan fleksibilitas untuk melakukan itu," ujar Peter Boockvar, kepala analis pasar di The Lindsey Group.

Dalam beberapa waktu terakhir, para pembuat kebijakan di bank sentral telah berdiskusi panjang terkait pengetatan kebijakan moneter ketika pasar tidak mengantisipasinya. Terakhir kali The Fed menaikkan suku bunga acuan pada Desember 2016.

Pernyataan The Fed yang terkesan agresif atau hawkish dalam beberapa hari terakhir menerangkan sinyal bahwa The Fed akan segera menaikkan FFR.

Para anggota FOMC menyatakan kenaikan FFR bisa dilakukan secepatnya asalkan data ekonomi dan kondisi pasar finansial mendukung.

Menurut Boockvar, langkah The Fed yang cepat, dipadukan dengan pelonggaran kebijakan moneter yang dilakukan Bank of Japan dan Bank Sentral Eropa (ECB) akan memberikan implikasi negatif terhadap pertumbuhan ekonomi global.

"Bank sentral global, menurut saya, sudah mencapai puncak pelonggaran. Tahun ini kita akan melihat titik baliknya, saya rasa itu akan terjadi," ungkap Boockvar.

Gubernur The Fed Janet Yellen dan wakilnya, Stanley Fisscher akan memberikan pidato terakhir sebelum pertemuan FOMC.

Menurut Boockvar, pidato itu akan sangat kritikal terkait apakah The Fed akan menaikkan FFR pada Maret 2017.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com