Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Hadapan Presiden, Pengusaha Berharap Tarif PPh Badan Diturunkan

Kompas.com - 28/02/2017, 19:25 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik langkah pemerintah melalukan reformasi perpajakan, termasuk amandemen sejumlah undang-undang pajak.

Namun, pengusaha memiliki harapan khusus. Harapan tersebut diungkapkan dihadapkan Presiden Joko Widodo dalam acara Farewell Tax amnesty.

"Pengurangan tarif pajak penghasilan (PPh badan) untuk naikkan kompetisi ekonomi kita," ujar Ketua Apindo Haryadi Sukamdani di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Menurut Hariyadi, sejumlah negara sudah berencana menurunkan tarif PPh badannya. Amerika Serikat misalnya, akan menurunkan PPh badan dari 35 persen menjadi 15-20 persen.

Kondisi itu bisa membuat pengusaha akan berinvestasi di luar negeri ketimbang di dalam negeri. Sebab tarif PPh badan di dalam negeri masih 25 persen.

Selain itu, Apindo juga meminta pemerintah untuk terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan pajak hingga pengadilan pajak. Dengan begitu ia yakin akan meminimalisir kasus sengketa pajak.

"Apindo sambut baik langkah pemerintah lakukan reformasi perpajakan. Kami harap pasca tax amnesty bisa dilakukan amandemen KUP, UU PPh, PPN, dan UU Pengadilan Pajak," kata Hariyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com