Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Inflasi, Sumatera Utara Galakkan Penanaman Cabai

Kompas.com - 28/02/2017, 21:47 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara, pada Januari 2017 inflasi sumut 0,49 persen. Jauh di bawah inflasi nasional pada bulan yang sama sebesar 1 persen.

“Ini kabar baik, kita harapkan inflasi Sumut terus di bawah nasional. Saya minta tim inflasi daerah bekerja maksimal mempertahankan prestasi ini untuk bulan-bulan selanjutnya,” kata Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi, Selasa (28/02/2017).

Gubernur mengatakan pada 2016 Sumut mengalami inflasi yang cukup tinggi disebabkan mahalnya harga cabai merah. Pasalnya, sejumlah sentra penghasil cabai di Sumut gagal panen akibat terserang penyakit.

"Dari 63,4 persen angka inflasi di 2016, lebih dari empat persen disumbangkan cabai. Ini tidak boleh terjadi lagi, makanya kita melalui SKPD terkait mendorong sektor-sektor komoditi yang menyangkut hajat hidup orang banyak untuk meningkatkan produksinya. Kita galakkan gerakan tanam cabai untuk menekan inflasi 2017,” ujar Erry.

Sementara itu, Kepala BPS Sumut Syeeh Suhaimi membenarkan inflasi Sumut di 2016 tertinggi kedua di tingkat nasional setelah Bangka Belitung. Dia berkomitmen di 2017 bisa mengendalikan inflasi, bekerjasama dengan tim pengendali inflasi.

"Terbukti inflasi kita di Januari sangat terkendali yakni 0,49 di bawah nasional. Mudah-mudahan 11 bulan ke depan inflasi kita lebih terkendali lagi. Dalam waktu dekat kami akan melakukan sensus ekonomi, survei biaya hidup, survey demografi dan kesehatan. Saya harap dukungan pemerintah daerah agar BPS bisa bekerja,” pungkas Suhaimi.

Sebelumnya, saat panen raya cabai merah Desa Lubukcuik, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Gubernur berharap produksi cabai merah di daerah ini bisa menekan angka inflasi di Sumatera Utara.

Dari dialog yang dilakukannya dengan para petani diketahui, dalam satu hektar dapat memproduksi sekitar 11 ton cabai merah. Hasil panen juga di pasarkan keluar Sumut seperti Jambi, Riau dan Sumatera Barat dengan harga sekitar Rp 30.000 per kilo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com