Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTPP Rencana Bagikan Dividen Rp 306 Miliar

Kompas.com - 01/03/2017, 20:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2016, perusahaan kontruksi dan investasi PT PP Tbk (PTPP) mengantongi laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 1,02 triliun.

Realisasi pencapaian laba bersih ini meningkat 38,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp 740,2 miliar.

Menurut Direktur Keuangan PTPP Agus Purbianto, rencananya perseroan akan membagikan dividen kepada pemegang saham, yang besarnya yaitu 30 persen dari perolehan laba bersih 2016, atau sekitar Rp 306 miliar.

Akan tetapi, perseroan masih menunggu lampu hijau dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mewujudkan rencana itu. "Kami sudah masukkan usulan ke Kementerian BUMN. Setelah nanti disetujui, kami akan langsung menggelar RUPS Tahunan," kata Agus di Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Agus mengatakan, dividend payout ratio tahun ini memang lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 20 persen dari laba bersih.

Dividend payout ratio adalah rasio antara dividen yang dibayarkan sebuah perusahaan dibagi dengan keuntungan bersih perusahaan (net income) pada satu tahun buku. Pada 2016, PTPP membagikan dividen sebanyak 20 persen dari laba bersih 2015, atau sekitar Rp 148,04 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com