Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Inflasi Februari 2017 Didorong Tarif Listrik dan BBM

Kompas.com - 01/03/2017, 20:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Inflasi indeks harga konsumen (IHK) bulan Februari 2017 tercatat sebesar 0,23 persen secara bulanan (mtm). Angka ini lebih rendah dari bulan lalu yang sebesar 0,97 persen (mtm).

Bank Indonesia (BI) menyatakan, kenaikan inflasi bulan ini terutama disumbang kelompok harga yang diatur pemerintah atau administered prices dan kelompok inti.

Sementara itu, kelompok harga pangan bergejolak atau volatile food tercatat mengalami deflasi.

"Secara tahunan, inflasi IHK mencapai 3,83 persen secara tahunan (yoy), berada dalam kisaran sasaran inflasi Bank Indonesia, yaitu sebesar 4 plus minus 1 persen (yoy)," kata Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI Andiwiana dalam pernyataan resmi, Rabu (1/3/2017).

Andiwiana menjelaskan, inflasi administered prices pada bulan Februari 2017 mencapai 0,58 persen (mtm), menurun dari bulan lalu yang sebesar 2,57 persen (mtm). Inflasi kelompok ini terutama didorong kenaikan tarif listrik sejalan dengan penyesuaian tarif listrik untuk pelanggan pasca bayar daya 900 VA nonsubsidi yang terjadi di bulan Januari.

Selain itu, inflasi administered prices juga didorong oleh penyesuaian harga bensin, rokok kretek filter, rokok kretek dan rokok putih.

Secara tahunan, inflasi administered prices mencapai sebesar 4,74 persen (yoy). Inflasi inti bulan Februari 2017 tercatat sebesar 0,37 persen (mtm), lebih rendah dari bulan sebelumnya yang sebesar 0,56 persen (mtm).

Komoditas utama penyumbang inflasi kelompok ini adalah tarif pulsa ponsel, emas perhiasan, upah pembantu rumah tangga, kontrak rumah, dan sewa rumah. "Secara tahunan, inflasi inti tercatat sebesar 3,41 persen (yoy)," ungkap dia.

Dengan perkembangan ini, ke depan, inflasi akan tetap diarahkan berada pada sasaran inflasi 2017, yaitu 4 plus minus 1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com