Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Enam Poin Kerja Sama Pengembangan UKM Indonesia dan Arab Saudi

Kompas.com - 01/03/2017, 21:12 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga melakukan penandatanganan kerja sama mengenai pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan otoritas UKM Kerajaan Arab Saudi di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (1/3/2017).

Dalam penandatanganan tersebut ada enam poin utama terkait kerja sama pengembangan UKM antara Indonesia dan Arab Saudi.

Pertama, pertukaran informasi mengenai program-program UKM. Kedua, pertukaran tenaga ahli. Ketiga, pemfasilitasan kerja sama dalam meningkatkan kualitas produk dan daya saing UKM.

Keempat, kerja sama pelatihan vokasional dan manajerial. Kelima, pemfasilitasan kerja sama UKM menyediakan informasi dan peluang-peluang. Keenam, dukungan untuk UKM dalam mengakses pasar di kedua negara.

"Kerja sama pengembangan UKM antara Indonesia dan pemerintahan Kerajaan Arab Saudi akan memberi manfaat bagi kedua negara," kata Menkop melalui keterangan resmi, Rabu (1/3/2017).

Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud. Tujuan kerja sama ini adalah untuk mendorong dan memberikan kontribusi bagi pembentukan hubungan yang saling menguntungkan dalam pengembangan UKM di antara kedua belah pihak.

Puspayoga mengatakan, kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi Indonesia, mengingat jumlah UKM Indonesia lebih dari 59 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com