Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melantai di Bursa, 9 Anak Usaha BUMN Incar Rp 21 Triliun

Kompas.com - 03/03/2017, 19:14 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah mencatatkan sahamnya di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) baru 21 perusahaan. Angka tersebut masih jauh dibandingkan dengan total emiten yg tercatat di BEI sekitar 500 emiten.

Maka dari itu, Kementerian BUMN sebagai pemegang saham mayoritas berencana membawa sembilan anak usaha perusahaan pelat merah untuk mencatatkan saham perdananya atau initial public offering (IPO) di tahun ini.

"Sembilan anak usaha BUMN rencananya akan IPO tahun ini, kita dorong terus," ujar Deputi bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius Kiik Ro di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Aloysius menuturkan, dari sembilan anak usaha berbagai sektor yang akan melantai di BEI, diharapkan mampu meraup dana segar sebesar Rp 21 triliun.

"IPO yang relatif besar Rp 21 triliun terdiri dari sembilan anak BUMN. Kita perkirakan dari IPO itu akan dapat," ucapnya.

Meski tidak menyebutkan secara rinci nama-nama anak usaha yang akan melakukan IPO, namun kata Aloysius minat anak usaha untuk IPO cukup besar, terbukti ada 16 anak usaha yang mengaku siap untuk IPO.

Namun, Kementerian BUMN setelah melakukan berbagai pertimbangan, terjaring sembilan anak usaha yang dinilai siap dan sudah layak untuk melantai di bursa. "Awalnya ada 16, tapi yang dinilai siap dan layak ada sembilan," pungkas Aloysius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com