Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Jatuh di Bawah 50 Dollar AS, Ini Sebabnya..

Kompas.com - 10/03/2017, 09:37 WIB
Estu Suryowati

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak terperosok dua persen pada penutupan perdagangan Kamis (9/3/2017) ke level terendah di tahun 2017, seiring rekor pasokan minyak Amerika Serikat (AS) dan keraguan apakah pemotongan produksi OPEC dapat mengurangi kelebihan pasokan global.

Dikutip dari CNBC, Jumat (10/3/2017) harga minyak patokan West Texas Intermediate (WTI) turun satu dollar AS atau dua persen ke level 49,28 dollar AS per barel, penutupan terendah sejak 30 November.

WTI sempat turun ke level terendah dalam perdagangan kemarin di 48,59 dollar AS. Sementara itu, harga minyak patokan Brent berjangka turun 1,02 dollar AS atau 1,9 persen ke level 52,09 dollar AS per barel.

Dalam perdagangan intraday, harga minyak Brent sempat menyentuh 51,5 dollar AS per barel terendah setelah 30 November.

Harga minyak terperosok dalam setelah laporan persediaan minyak AS menunjukkan peningkatan 8,2 juta barel pekan lalu, lebih tinggi dari perkiraan 2 juta barel, memecahkan rekor 528,4 juta barel.

"Sekitar sebulan ini pasar terpukul kenaikan pasokan, dan rasanya baru akan naik beberapa hari lagi. Tetapi masalahnya, pasar butuh berita utama yang mendorong bullish," kata analis dari Price Futures Group di Chicago, Phil Flynn.

OPEC dan produsen minyak lain pada November tahun lalu sepakat untuk menurunkan pasokan 1,8 juta barel per hari (bph) pada paruh pertama 2017.

Namun, pengeboran AS terus meningkat, seiring rencana pengembangan di Dakota Utara, Oklahoma, dan kawasan serpih lain.

Pekan ini, Menteri Minyak Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan fundamental pasar membaik, namun OPEC tidak akan membiarkan produsen rival ambil untung.

Kompas TV Negara OPEC Sepakat Pangkas Produksi Minyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com