Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Diresmikan Jokowi, Gubernur Kalbar Tinjau PLBN Aruk

Kompas.com - 10/03/2017, 13:58 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Cornelis mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk pada Kamis (9/3/2017). PLBN Aruk ini terletak di Kabupaten Sambas, yang berbatasan dengan Malaysia.

Kedatangan Cornelis untuk mengecek PLBN Aruk, sebelum kemudian diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat.

"Kami mau lihat PLBN Aruk, kalau sudah siap kita lapor Bapak Presiden karena beliau akan meresmikannya," ujar Cornelis.

Cornelis juga meninjau jalan poros perbatasan dari Sambas menuju Aruk yang di beberapa titik masih dalam tahap pengerjaan.

Dalam kunjungannya, dia berpesan agar Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu yang berbatasan langsung dengan Malaysia mempersiapkan diri begitu PLBN Aruk dibuka.

Cornelis berharap masyarakat di sekitar PLBN Aruk bisa bersaing secara ekonomi mapupun sumber daya dengan Malaysia. Dia menargetkan bidang pertanian dan perkebunan dapat menjadi andalan kabupaten-ka

bupaten yang berbatasan dengan Malaysia itu, sehingga ke depan lebih digalakkan.

"Masing-masing kabupaten agar mempersiapkan diri, seperti Sambas dengan komoditi pertaniannya dan komoditi ekspor lainnya, karena Malaysia tidak menanam padi tapi membeli beras dari Thailand, ini peluang kita," kata dia.

Sekadar informasi, selain PLBN Aruk di Sambas, pemerintah juga membangun sejumlah PLBN lain di Kalbar. Misal PLBN Badau di Kabupaten Kapuas Hulu. Namun, PLBN Badau ini masih dalam progres pengerjaan kontraktor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com