Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Go Digital”, Akses UMKM Memperluas Pasar

Kompas.com - 11/03/2017, 08:19 WIB
Cahyu Cantika Amiranti

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com –
 Kesulitan memasarkan produk, kerap jadi tantangan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama yang berasal dari daerah. Solusi digital jadi terobosannya. Seperti apa?

“(Sempat kesulitan memasarkan produk), terlebih untuk barang craft yang peminatnya hanya orang-orang tertentu,” ujar Sri Wahyuni, salah satu peserta Pameran UMKM digital Telkom Craft Indonesia 2017, Jumat (10/3/2017).

Saat memulai usahanya, Sri fokus pada penjualan produk tas, dompet, dan keranjang, berbahan baku daun pandan, rotan, dan eceng gondok. Menurut pemilik label Abi Citra Kusuma ini, peminat barang-barang seperti ini biasanya hanya orang-orang yang hobi.

Cerita lain datang dari Pipih, yang juga menjadi peserta pameran. Dia mengaku hanya berani membuat 20 topi anyaman daun pandan, panama, dan pendong, saat memulai usahanya.

Toko kecil di depan rumahnya di Tasikmalaya, Jawa Barat, jadi andalan Pipih menjual kerajinan berlabel Rafi Craft tersebut. Strategi pemasaran dan pengenalan produk pun hanya disebarkan dari mulut ke mulut.

Tak disangka, penjualan pertama Pipih disambut antusias oleh warga sekitar. Seiring waktu, produk jualan Pipih bertambah, bersama penjualan yang meningkat. Selain topi, dia juga membuat anyaman tas, sandal, dan dompet.

Cahyu Cantika Pemilik UMKM Rafi Craft, Pipih (kerudung biru), sedang melayani pelanggan di booth-nya di pameran digital Telkom Craft Indonesia yang berlangsung di Hall A Jakarta Convention Center, Jumat (10/3/2017)

Bahkan, usahanya  berkembang sampai dia bisa merekrut 30 warga sekitar rumah untuk membantu membuat produk anyaman.

“Semua barang dagangan kami hand-made. Perajin ada yang mengerjakan anyaman, ada lagi yang membentuk jadi produk,” tutur Pipih.

Kendala, lanjut Pipih, baru mulai terasa ketika ia ingin mengenalkan produk ke luar daerah.

Melirik teknologi digital

Sri dan Pipih mencoba berbagai cara untuk melompati tantangan soal pemasaran produk tersebut. Lewat beberapa tahun, upaya pencarian mereka mendatangkan peluang solusi, berupa pemanfaatan teknologi digital.

Beda lokasi, usaha juga tak sama, mereka berdua sama-sama mendapatkan peluang solusi itu dengan menjadi mitra binaan PT Telkom Indonesia (Persero). Pelatihan dan sejumlah bantuan mereka dapatkan di sini, selain solusi terobosan pemasaran menggunakan teknologi digital.

Sekarang, produk Pipih dan Sri sering mengikuti pameran di berbagai daerah di Indonesia. Berpadu dengan model pemasaran digital, pendapatan usaha mereka pun meningkat pesat.

Pipih, misalnya, menyebut omzetnya naik 40 persen setelah jadi binaan BUMN ini, rata-rata menjadi Rp 20 juta sampai Rp 40 juta per bulan.

“Paling untung saat (diajak) ikut Ina Craft 2016 di Jakarta. Saat itu, semua barang dagangan habis terjual,” kata Pipih.

Setali tiga uang, Sri menyebut usahanya kini meraup pendapatan rata-rata Rp 30 juta sebulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com