Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Targetkan Pembiayaan "Startup" Tahun Ini Rp 30 Miliar

Kompas.com - 12/03/2017, 12:07 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan pembiayaan kepada perusahaan perintis atau startup digital tahun ini mencapai Rp 30 miliar. Pembiayaan tersebut akan disalurkan melalui anak usahanya yakni PT Mandiri Capital Indonesia (MCI).

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pada tahun ini MCI telah membiayai startup financial technology (fintech) yakni, Amartha. Menurut dia, pembiayaan kepada Amartha tersebut bertujuan agar Bank Mandiri dapat masuk ke pembiayaan super mikro.

"Bank Mandiri kan nggak mungkin ke super mikro. Amartha itu kan dasarnya pembiayaan skala super mikro untuk ibu-ibu. Jadi Amartha berikan pinjaman  Rp 3 juta ke ibu-ibu untuk berusaha di daerah Jawa Barat," ujarnya saat ditemui usai Ajang Penganugerah Wirausaha Muda Mandiri di Bogor, Sabtu (10/3/2017). 

Selain itu, terang Kartika, perseroan juga memberikan pembiayaan kepada para usaha kecil menengah (UKM) untuk dapet akses cloud. Akses cloud ini bisa digunakan UKM untuk merambah pasar e-commerce.

"Kalau UKM mau berbisnis e-commerce mesti punya akses cloud," jelas Kartika yang biasa disapa Tiko.

"Kita mau komunitas pengusaha digital makin ramai di Indonesia. Jadi kita mau pengusaha muda ini masuk ke ranah digital bisa lebih mudah," tandasnya. 

Mandiri Capital Indonesia merupakan anak usaha Mandiri Group yang dikhususkan untuk memberikan pembiayaan kepada Fintech. MCI didirikan pada tahun 2016 dengan modal awal Rp 350 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com