Kemenhub Selidiki Penyebab Terbakarnya GPU di Bandara Soekarno-Hatta - Kompas.com

Kemenhub Selidiki Penyebab Terbakarnya GPU di Bandara Soekarno-Hatta

Achmad Fauzi
Kompas.com - 15/03/2017, 19:50 WIB
Achmad Fauzi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub Agus ?Santoso dalam sebuah diskusi di Kantor Kemenhub Jakarta, Selasa (10/1/2017). 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelidiki penyebab terbakarnya Ground Powering Unit (GPU) milik PT Gapura Angkasa di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (14/3/2017) malam. 

Terkait itu, Kemenhub akan membentuk tim investigasi. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi jika terdapat pelanggaran. 

"Akan kita pelajari apa penyebabnya dan siapa yang bertanggung jawab," ujar Agus saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Rabu (15/3/2017). 

Menurut dia, pihaknya akan memberikan sanksi jika memang ada pelanggaran. Salah satu sanksinya, berupa pembekuan operasi atau grounded.

"Regulator akan menindak tegas keteledoran di lapangan. Jadi kami akan membuat klasifikasi penyebabnya. Kalau keteledoran kami grounded," tandasnya. 

Terbakarnya genset tadi malam terjadi di area parkir pesawat maskapai jenis A330-300 pada pukul 23.27. Hal ini terjadi saat petugas teknik perawatan pesawat hendak melakukan pengisian tenaga listrik dari GPU (Ground Power Unit)  di darat ke unit power listrik di pesawat Garuda Indonesia yang malam itu sedang parkir. Pada pukul 23.38, seluruh percikan api berhasil dipadamkan secara permanen.

PenulisAchmad Fauzi
EditorM Fajar Marta
Komentar
Close Ads X