Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran CeBIT Buka Peluang Perusahaan Lokal Dapatkan Partner Internasional

Kompas.com - 15/03/2017, 22:07 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran pameran teknologi informasi internasional yakni Centrum for Boroautomation, Informationstechnologie und Telekommunikation (CeBIT) 2017 di Hannover, Jerman dinilai akan berpotensi menjadi peluang yang baik bagi industri software (perangkat lunak) dalam negeri mendapatkan pelanggan internasional.

Hal itu karena gelaran CeBIT 2017 merupakan pameran teknologi informasi dan komputer terbesar di dunia.

Managing Director PT Pro Fair Indonesia Paula Yahya yang merupakan perwakilan resmi penyelenggara pameran Cebit 2017 di Jerman, mengatakan pameran tersebut mengusung business to business.

"Ada beberapa perusahaan (Indonesia) yang beruntung ketika berpartisipasi dalam Cebit bisa langsung mendapatkan buyer dan itu telah terjadi pada tahun 2015," ujar Paula di Kemenperin, (14/3/2017).

Menurutnya, dengan pameran berkonsep business to business memungkinkan perusahaan Indonesia mendapatkan partner bisnis internasional.

"Tetapi ada tahapan-tahapan yang diperlukan sampai penandatanganan kerja sama, karena ini pameran sifatnya business to business, dan indonesia selalu hadir dengan wajah baru," ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, Cebit merupakan pameran terbesar di dunia bidang informasi teknologi dan solusi telekomunikasi maupun perkantoran, yang menjadi barometer kemajuan era digital dan ajang pertarungan inovasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com