Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Hari Ini Akan Dipengaruhi Sentimen the Fed

Kompas.com - 16/03/2017, 07:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Kamis (16/3/2017) diperkirakan masih akan bergerakan bervariasi dua arah dengan rentang pergerakan 5.385-5.450.

"Saham-saham yang dapat diperhatikan diantaranya AKRA, BSDE, BWPT, INCO, ITMG, ELSA, dan MDLN," tulis analis Reliance Securities Lanjar Nafi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis.

Kemarin (15/3/2017), indeks komposit ditutup menguat tipis 0,79 poin sebesar 0,01 persen di level 5.432,38 dengan volume yang relatif rendah dari perdagangan sebelumnya.

Indeks sektor pertanian menjadi pionir penurunan, sedangkan indeks sektor pertambangan menjadi penyeimbang di akhir sesi perdagangan. Investor asing melanjutkan pembelian dengan catatan net buy sebesar Rp 229,17 miliar.

"Sentimen selanjutnya investor akan merefleksikan hasil FOMC dan mulai mengkalkulasi kekuatan ekonomi global menghadapi capital out flow yang mengancam. Bank of Japan pun akan mengadakan pembicaraan kebijakan moneter pada hari ini, guna mengambil langkah antisipasi," kata Lanjar.

Bursa Asia dan Eropa

Mayoritas bursa Asia bergerak tertekan di mana indeks saham di Jepang dan Hong Kong dibuka turun dan ditutup melemah. Hang Seng turun 0,2 persen dan indeks Hang Seng China Enterprises kehilangan 0,4 persen.

"Aksi tunggu investor terhadap keputusan The Fed menjadi pendorong pergerakan yang cenderung variatif tertekan di bursa Asia," ujar Lanjar.

Bursa Eropa dibuka cukup positif seiring membaiknya pounsterling terhadap greenback menjelang FOMC.

Perkiraan menurunnya persediaan minyak pun ikut menjadi dorongan terutama pada harga minyak yang naik di atas 48 dollar AS per barrel membuat emiten bahan baku di Eropa ikut terkena imbas sentimen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com