Selasa, 28 Maret 2017

Ekonomi

Perusahaan Kelapa Sawit Ini Tawarkan Beasiswa Pendidikan, Cek di Sini

Kamis, 16 Maret 2017 | 11:30 WIB
THINKSTOCKPHOTOS Cermatlah ketika mengisi lembaran formulir pendaftaran beasiswa.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan kelapa sawit yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yakni PT Smart Tbk, dalam satu dekade terakhir telah banyak berinvestasi di sumber daya manusia.

Tak kurang dari 1.000 beasiswa telah dibagikan ke pelajar Sekolah Menengah Atas dan Kejujuran (SMA/SMK) untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi.

Direktur Keberlanjutan SMART Agus Purnomo mengatakan, beberapa universitas ternama tujuan program ini antara lain IPB, INSTIPER, dan ITSB.

Dia juga mengatakan, sebanyak 50 persen dari pelajar yang diberikan beasiswa itu, kini juga telah bekerja di SMART.

"Kami percaya bahwa beasiswa ini sebagai investasi bukan hanya bagi kebutuhan  tenaga kerja SMART tetapi juga untuk masa depan sektor pertanian di Indonesia secara keseluruhan," kata Agus dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (16/3/2017).

Pada tahun ini, SMART menawarkan tiga jenis program beasiswa yaitu SMART Planters, SMART ITSB dan Jalur Prestasi.

Progam SMART Planters menawarkan kesempatan bagi para siswa untuk memperoleh gelar Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit dari INSTIPER Yogyakarta, dan bantuan biaya pendidikan secara penuh.

Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan untuk melakukan praktik kerja selama enam bulan dan magang selaman 12 bulan di salah satu perkebunan SMART.

Penerima beasiswa juga berkesempatan untuk mendapatkan bantuan biaya hidup untuk 10 mahasiswa terbaik setiap semester.

Adapun program SMART ITSB, mencakup Diploma (D3) sebagai Ahli Madya Teknologi Pengolahan Sawit, bantuan biaya pendidikan secara penuh, kesempatan untuk melakukan praktik kerja dan kesempatan untuk mendapatkan bantuan biaya hidup untuk 10 mahasiswa terbaik setiap semester.

"Tahun ini SMART membuka proram beasiswa baru dengan nama Jalur Prestasi. Program ini memberikan beasiswa untuk melanjutkan studi di ITSB dan INSTIPER secara penuh, kepada pelajar terbaik dari SMA pilihan tanpa harus melalui tes masuk," imbuh Agus.

Lebih lanjut dia mengatakan, SMART akan menyosialisasikan program beasiswa tersebut, di SMA-SMA di beberapa kota di Sumatera dan Jawa, seperti Riau, Lampung dan Yogyakarta pada akhir bulan Maret 2017.

Pendaftaran beasiswa telah dibuka dan peminat program ini memiliki waktu hingga 21 April 2017 untuk mengikuti proses pendaftaran. Adapun proses seleksi akan melalui beberapa tahapan, seperti wawancara, tes tertulis dan tes kesehatan.

SMART akan mengumumkan para penerima beasiswa pada awal Juni tahun ini dan peserta yang terpilih akan memulai pendidikan mereka di ITSB dan INSTIPER pada awal bulan Agustus 2017.

Sebagai informasi SMART Tbk merupakan salah satu produsen kelapa sawit berkelanjutan Indonesia di industri dan terintegrasi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 1992.

Didirikan pada tahun 1962, perkebunan kelapa sawit SMART meliputi areal perkebunan sekitar 138.700 hektar (termasuk perkebunan plasma).

PT SMART mengoperasikan 16 pabrik, empat pabrik penghancur biji kelapa sawit dan empat kilang.

SMART adalah anak perusahaan Golden Agri-Resources Ltd, yang merupakan salah satu perusahaan berbasis kelapa sawit terbesar di dunia yang tercatat di Bursa Singapura.

Penulis: Estu Suryowati
Editor : Aprillia Ika
TAG: