Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pariwisata Lampung Barat, BI Siapkan Penukaran Uang

Kompas.com - 17/03/2017, 14:01 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menerima pelayanan penukaran uang sampai Rp 400 miliar di Kabupaten Lampung Barat.

Penyediaan uang tersebut untuk menunjang laju perekonomian dan parawisata yang kini tengah menggeliat di sana. Dalam kegiatan ini BI menitipkan kas keliling pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Lampung yang membuka layanan kas keliling.

Menurut Deputi Gubernur BI Sugeng, pihaknya menyediakan uang minimal Rp 100 miliar dari pecahan uang terendah.

"Lampung Barat menjadi daerah kedua setelah Kabupaten Lampung Utara dalam menyediakan pelayanan kas keliling," ujar dia Jumat (17/3/2017).

Lampung Barat dengan ibu kotanya, Liwa, menjadi daerah pilihan ke dua karena melihat secara letak geografis sangat strategis. Kota ini, menjadi tempat pelintasan ke Bengkulu, Sumatera Selatan dan dapat terjangkau dengan daerah pelosok lainnya.

Selain itu, Liwa menjadi pusat perdagangan dan perekonomian berbasis perkebunan dan pertanian.

"Jangan sampai karena minimnya ketersediaan pecahan uang bisa menghambat perputaran perekonomian di satu wilayah," tutur Sugeng.

Penyediaan kas sebesar Rp 100 milar guna mengantisipasi musim paceklik, sedangkan batas maksimal penyediaan Rp 400 miliar untuk mendukung panen hasil pertanian warga setempat.

Hadir dalam peresmian penitipan kas keliling BI Deputi Gubernur BI DR. Sugeng, Anggota DPRRI komisi XI Isma Yatun, Kepala DPU Suheidi, Kepala KPw BI Provinsi Lampung Arief Hartawan dan Kepala OJK Lampung Untung Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com