Kamis, 30 Maret 2017

Ekonomi

Dikaji, Kemungkinan Silangit Jadi Bandara Internasional

Sabtu, 18 Maret 2017 | 16:30 WIB
Bambang Jatmiko/Kompas.com Bandara Silangit, Sumatera Utara

Pontianak, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) merupakan operator Bandara Silangit di Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. BUMN tersebut kini tengah menjajaki kemungkinan menjadikan bandara tersebut untuk dijadikan bandara internasional.

"Kami sudah buat kajian. Tidak ada kesulitan untuk menjadikan Silangit sebagai bandara dengan kualifikasi internasional," ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ketika berbincang dengan wartawan di Bandara Supadio Pontianak, Sabtu (18/3/2017).

Sejak pengelolaannya diserahkan dari Kementerian Perhubungan kepada Angkasa Pura II, Bandara Silangit terus bersolek dan kinerjanya pun baik. Awaluddin mengungkapkan, pada awalnya Angkasa Pura II memprediksi permintaan akan penerbangan di Silangit cenderung kecil.

Akan tetapi, hal sebaliknya malah terjadi. Setelah perseroan memperluas kapasitas bandara dan menambah lalu lintas penerbangan, permintaan tumbuh pesat.

"Tahun 2015 kapasitas traffic passenger (lalu lintas penumpang) masih sekitar 15.000 sampai 16.000 penumpang per tahun. Tahun 2017 sudah 177.000 (penumpang per tahun)," kata Awaluddin.

Artinya, imbuh dia, ada peningkatan lalu lintas penumpang sebesar 700 persen dalam waktu setahun saja. Awaluddin menyatakan, pihaknya memproyeksikan lalu lintas penumpang di bandara tersebut dapat menembus sekitar 200.000 penumpang per tahun pada tahun 2017.

Angkasa Pura II sendiri, tutur Awaluddin, mengembangkan Bandara Silangit dengan asumsi lalu lintas penumpang mencapai 500.000 penumpang per tahun. Sehingga, masih ada peluang yang lebar untuk menampung peningkatan lalu lintas penumpang.

"Bapak Menko Maritim (Luhut Binsar Pandjaitan) dan Bapak Menteri Pariwisata (Arief Yahya) sepakat berkeinginan Silangit jadi salah satu destinasi wisata. Konsekuensinya adalah membuka Bandara Silangit yang tadinya domestik menjadi intenasional. Ini sedang kita persiapkan," tutur Awaluddin.

Beberapa destinasi yang bisa dibidik dengan kemungkinan dibukanya Silangit sebagai bandara internasional adalah dari dan ke Singapura maupun Kuala Lumpur, Malaysia secara langsung. Selain itu, ungkap Awaluddin, rute lainnya adalah dari dan ke Bandara Internasional Suwarnabhumi, Bangkok, Thailand.

Kompas TV Pemerintah Siap Kembangkan Bandara Silangit



 

Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Aprillia Ika
TAG: