Kamis, 30 Maret 2017

Ekonomi

BNI akan Terbitkan Obligasi Berkelanjutan Rp 10 Triliun

Minggu, 19 Maret 2017 | 15:26 WIB
Achmad Fauzi Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) akan menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) untuk obligasi di tahun 2017 dan tahun 2018 mendatang.

Direktur Utama BNI Achmad Baequni mengatakan, pihaknya menerbitkan PUB ini untuk kebutuhan ekspansi perusahaan seperti penyaluran kredit, dan untuk mengganti dana yang sudah jatuh tempo (refinancing).

“Kami akan menerbitkan PUB hingga Rp 10 triliun,” kata Baequni, belum lama ini.

Direktur Treasuri BNI Panji Irawan menambahkan, PUB dengan tenor dua tahun ini akan diterbitkan secara bertahap. Tahap pertama sebesar Rp 5 triliun di tahun ini, dan tahap kedua sebesar Rp 5 triliun di tahun depan.

Panji menambahkan, pihaknya menginginkan sumber dana perbankan lebih variatif dan tidak hanya berasal dari dana pihak ketiga (DPK).

Bagaimanapun, dana-dana konvesional ada yang berasal dari dana murah memiliki tenor jangka pendek, sehingga akan sulit untuk membiayai kredit bertenor jangka panjang seperti infrastruktur.

“Untuk kredit, BNI tetap menargetkan tumbuh 15%-17% di tahun ini,” tambah Baequni. Menurutnya, target BNI tersebut lebih tinggi dari rata-rata proyek pertumbuhan kredit perbankan sebesar 11%-13% di tahun ini. (Nina Dwiantika)

Editor : Bambang Priyo Jatmiko
Sumber: KONTAN,
TAG: