Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perguruan Tinggi Digandeng untuk Wujudkan Swasembada Protein

Kompas.com - 20/03/2017, 11:44 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementab) menyatakan terus mendorong tercapainya swasembada protein hewani dengan menggandeng perguruan tinggi untuk pengembangan teknologi.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita, mengatakan swasembada protein hewani tak sebatas pada daging.

"Saat ini kami terus mendorong pengembangan ternak lokal secara terpadu. Target kami tidak lagi hanya mewujudkan swasembada daging sapi saja, tetapi swasembada protein hewani," ungkap Ketut melalui keterangan resmi kepada Kompas.com, Senin (20/3/2017).

Selain itu, lanjut ketut, dalam mengembangkan ternak lokal secara terpadu diperlukan peran kalangan perguruan tinggi dalam mendukung diversifikasi kebutuhan protein hewani. 

"Teknologi itu banyak di Perguruan Tinggi, sehingga harus disebarkan ke masyarakat untuk dapat diimplementasikan," kata Ketut.

Menurutnya, saat ini scara umum, sumber protein hewani asal ternak di masyarakat Indonesia telah mengalami diversifikasi, sehingga tidak tergantung pada satu macam sumber protein,” kata Ketut.

Hal ini dapat dilihat dari data partisipasi konsumsi pangan hewani masyarakat Indonesia periode 2011-2014, terlihat partisipasi masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi protein sudah semakin meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com