Senin, 27 Maret 2017

Ekonomi

Tahun 2016, Kekayaan Trump Merosot Tajam

Selasa, 21 Maret 2017 | 12:30 WIB
NICHOLAS KAMM/ AFP Presiden Amerika Serikat Donald Trump

NEW YORK, KOMPAS.com - Majalah Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia. Pendiri Microsoft Bill Gates tetap bertengger pada posisi teratas dengan kekayaan mencapai 86 miliar dollar AS.

Akan tetapi, nasib kurang mujur agaknya harus dialami Presiden AS Donald Trump. Pasalnya, posisi Trump merosot 220 angka dan kini Trump berada pada peringkat 544 orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 3,5 miliar dollar AS.

Mengutip BBC, Selasa (21/3/2017), Forbes mengatribusi menurunnya kekayaan Trump dengan anjloknya pasar properti khususnya di Manhattan. Kondisi ini dinilai sebagai biang keladi merosotnya jumlah kekayaan Trump.

"40 persen kekayaan Donald Trump berada di Trump Tower dan delapan bangunan lainnya dalam radius satu mil (dari Trump Tower). Belakangan ini, kawasan tersebut berusaha keras untuk bertahan," tulis Forbes.

Tidak hanya itu, Forbes juga menulis bahwa kekayaan Trump merosot sebesar 66 juta dollar AS untuk membiayai kampanye presidennya.

Selain itu, Trump juga harus mengeluarkan 25 juta dollar AS terkait permasalahan di Trump University. Pun Trump harus rela tidak menikmati reli dahsyat Wall Street pada periode pilpres.

Asumsinya, menurut Forbes, adalah Trump melepas semua sahamnya selama kampanye pilpres.

Meskipun demikian, tidak hanya nasib buruk yang menimpa kekayaan Trump. Pada tahun 2016 lalu dan setelah pilpres, Trump mendapatkan untung dari resor Mar a Lago miliknya.

Forbes menyatakan, nilai resor yang berlokasi di negara bagian Florida tersebut naik 25 juta dollar AS setelah pilpres AS. 

(Baca: 

Bill Gates Masih Jadi Orang Terkaya di Dunia)
Penulis: Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Aprillia Ika
TAG: